Nih Apa Itu Menhir, Sarkofagus, Dolmen, Peti Kubur Batu, Waruga, Punden Berundak, Arca Atau Patung

Share:
     Pemujaan terhadap roh atau arwah leluhur tidak hanya terdapat di Indonesia, namun juga hampir di seluruh dunia. Pemujaan ini berawal dari anggapan insan terhadap kekuatan alam. Tanah, air, udara, dan api dianggap sebagai unsur pokok dalam kehidupan semesta. Semua itu diatur dan dijaga oleh suatu kekuatan, kepercayaan inilah yang mengakibatkan munculnya sosok roh sesudah mati.
     Sistem kepercayaan masa bercocok tanam ini merupakan kelanjutan dari kepercayan masa sebelumnya. Pada masa bercocok tanam ini insan purbanya telah mengenal anggapan bahwa rohmanusia sesudah mati dianggap tidak hilang, melainkan berada di alam lain yang tidak berada jauh dari tempat tinggalnya dahulu. Dengan demikian, alasannya yakni sewaktu-waktu roh yang bersangkutan sanggup dipanggil kembali kalau dimintakan bantuannya. Untuk itu, pada ketika seorang mati dikuburkan maka ia dibekali dengan majemuk keperluan sehari-hari, menyerupai pemanis dan periuk. Untuk orang-orang terkemuka (kepala suku atau kepala adat), kuburannya dibuat agak istimewa, terlihat dari bentuknya yang terdiri atas batu-batu besar, menyerupai sarkofagus, peti batu, menhir, dolmen, waruga, punden berundak-undak, dan arca. Masa di mana mulai dibangunnya bangunan-bangunan dari kerikil ini disebut juga periode Megalitikum.
(1) Menhir
     Menhir merupakan tugu kerikil yang tegak, tempat pemujaan terhadap arwah leluhur. Menhir ini banyak ditemukan di Sumatera, Sulawesi Tengah, serta Kalimantan. Di kawasan Belubus, Kecamatan Guguk, Kabupaten Limapuluh Koto, Sumatera Barat, terdapat menhir yang tingginya 125 cm, berbentuk seperi gagak pedang, baguan lengungannya menghadap Gunung Sago.
(2) Sarkofagus
   Sarkofagus yakni peti mayat yang terbuat dari kerikil bundar (batu tunggal). Sarkofagus ini banyak ditemukan di kawasan Bali. Sarkofagus di Bali masih diangap keramat dan magis oleh masyarakat sekitar.
(3) Dolmen
    Dolmen yakni meja kerikil tempat meletakkan sesaji yang akan dipersembahkan kepada arwah nenek moyang. Di bawah dolmen ini biasanya ditemukan kuburan batu.
(4) Kuburan atau Peti Batu
    Kuburan kerikil yakni peti mayat yang terbuat dari kerikil pipih. Kuburan kerikil ini banyak ditemukan di kawasan Kuningan, Jawa Barat, dan Nusa Tengggara.
(5) Waruga
    Waruga yakni kuburan kerikil yang berbentuk kubus atau bulat, terbuat dari kerikil yang utuh. Waruga ini banyak ditemukan di Sulawesi Utara dan Tengah.
(6) Punden Berundak-undak 
     Punden berundak-undak yakni bangunan suci tempat pemujaan terhadap roh nenek moyang yang dibuat dalam bentuk bertingkat-tingkat atau berundak-udak. Bangunan ini banyak ditemukan di kawasan Lebak Si Bedug, Banten Selatan.

Pemujaan terhadap roh atau arwah leluhur tidak hanya terdapat di Indonesia Nih Apa itu Menhir, Sarkofagus, Dolmen, Peti Kubur Batu, Waruga, Punden Berundak, Arca atau Patung
(punden berundak)

(7) Arca atau Patung
    Arca pada masa Megalitikum terbuat dari batu, biasanya berbentuk sosok binatang dan manusia. Jenis binatang yang sering dibuat yakni gajah, kerbau, harimau, monyet. Arca-arca kerikil ini banyak terdapat di Sumatera selatan, Lampung, Jawa Tengah dan Timur.
(bse sejarah Hendrayana)
Advertisement
Advertisement


EmoticonEmoticon