Sejarah Kemajuan Musik Dunia (Masa Permulaan Sampai Modern) - Seni Budayaku

Share:
Konten [Tampil]
Sejarah Musik Dunia berawal dari kemajuan musik yang timbul di dunia barat. Dalam sejarah musik barat sanggup diklasifikasikan dalam segmen kemajuan teknik komposisi dan praktik memainkan musik menurut zaman dan gaya musiknya. Sedangkan kemajuan sejarah musik timur belum sanggup disusun berafiliasi jenis komposisi musik yang dihasikan dan masih berkisar dalam bentuk musik vokal.

Guna mengetahui secara lebih jauh banyak sekali pengaruh-pengaruh seni musik barat terhadap seni musik Nusantara , baik jikalau kita pelajari apalagi dulu tentang kemajuan musik dunia (khususnya Barat). Kita akan menyaksikan kemajuan pedoman musik Barat itu mulai dari periode permulaan Masehi hingga pra-modern.

1. Musik Periode permulaan Masehi (± 0-100)
Musik pada periode ini biasanya merupakan musik rohani untuk pemujaan terhadap Tuhan. Di Roma , Paus Gregorius (pemimpin Gereja Kristen sejak tahun 590-604) mempengaruhi kemajuan musik vokal yang kemudian disebut musik Gregorian. Musik gregorian ditulis dengan notasi balok yang masih sederhana.

Pada periode permulaan masehi instrumen musik orgel pertama kali didapatkan dan dibentuk oleh Harun Al-Rasyid. Alat ini memacu pertumbuhan musik paduan bunyi polifoni dan musik organum.

Tokoh-tokoh musik periode ini antara lain:
1. Ambrosius ,
2. Gregorius , dan
3. Harun Al-Rasyid.


gambar-orgel-pipa-pada-awal-periode-musik-barat
Orgel pipa pada masa mulanya mesti di pompa dengan tenaga manusia

2. Musik Zaman Pertengahan (± 1000-1500)
Pada zaman pertengahan ini timbul banyak sekali penemuan gres di bidang musik. Pada zaman ini Guido Arezzo sudah mendapatkan metode heksakor , yakni membaca notasi dengan solmisasi (do-re-mi-fa-sol-la-si-do) yang terus dipakai hingga kini dan menotasikan musik ke dalam not balok.

Heksakor berasal dari bahasa Yunani , hexa= enam chord (dara chorde)= dawai , (suatu gugusan enam nada berturut-turut dengan interval setengah nada ditengah-tengah).

Jika kita hafal keenam nada tersebut kita sanggup menyanyikan lagu yang belum kita kenal secara “Prima Vista” (sekali lihat). Guna membuat lebih mudah dalam menghafalkan keenam nada tersebut maka tiap nada dalam Heksakord diberi satu suku kata selaku nama. Sudah kita pelajari di kelas satu , suku kata-suku kata ini berasal dari Himne Santo Johanes (abad 8): Ut , Re , Mi , Fa , Sol , dan La.

Musik kerohanian mempengaruhi musik rakyat kebanyakan , dan sebaliknya musik rakyat turut mempengaruhi musik rohani. Musik paduan bunyi dan pemakaian instrumen orgel makin meningkat dan tersebar ke banyak sekali kota di Eropa.

Perkembangan berikutnya , berkat adanya dasar teori yang dikembangkan oleh Phytagoras dan Guido Arezzo , metode notasi dan aransemen musik bermetamorfosis suatu wawasan khusus yang mendorong hadirnya komponis-komponis. Seorang komponis yang terkenal pada zaman itu merupakan Guillaume Dufay.

3. Musik Zaman Renaissance (± 1500-1600)
Renaissance bermakna kelahiran kembali. Renaissance bermakna periode membangun kebudayaan yang pernah gemilang sebelum periode pertengahan. Ilmu wawasan meningkat dengan sungguh cepat , meluas ke mana-mana. Musik pun dipelajari selaku salah satu ilmu wawasan di universitas-universitas.

Pada zaman ini kemajuan musik gereja merosot. Sedangkan musik duniawi mulai memperoleh perhatian dan kedudukan yang penting di masyarakat. Sebelumnya , instrumen musik cuma dipakai selaku pengiring lagu yang kemudian mulai dibentuk komposisinya. Instrumen orgel mulai memperoleh perhatian di Italia dan Jerman , sedangkan  di Inggris lebih memperhatikan instrumen pendahulu piano yakni virginal.

Inti dalam kemajuan musik zaman Renaissance merupakan adanya refomasi agama katolik pada tahun 1517 dengan pertumbuhan musik gereja protestan yang dipelopori oleh Dr. Martin Luther (1483-1546). Dalam liturgi Luther , ia mewajibkan lagu gereja dinyanyikan dalam bahasa rakyat. Martin Luther merupakan pembina koral evangelis yang mengajarkan lagu-lagu syair dan mengolah lagu-lagu kotbah gereja. Bahkan dia juga menghasilkan lagu-lagu gres , seumpama Ein Fester Burg ist Unser Gott dengan bantuan sahabatnya Johann Walther (1496-1570) dan Heinrich Schuetz (1585-1672) , seorang pencipta musik gereja evangelis yang paling besar sebelum Johann Sebastian Bach.

4. Musik Zaman Barok (± 1685-1750)
Istilah "barok" dan "rokoko" dipinjam dari dunia arsitektur. Musik pada zaman ini sungguh istimewa , sebab pemakaian nada-nada penghias (ornament) yang dianggap menenteng tanda-tanda permainan kemampuan teknik tinggi , tanpa hambatan , dan lincah. Dalam tampilan bermusiknya ada perbedaan dinamik antara kepingan keras (forte) dan lembut (piano). Bentuk musik yang berkembang khas dalam masa ini merupakan permainan musik instrumen bercerita (suita) , permainan Instrumentalia (sonata) , suguhan musik yang sifatnya mulia (kantata) , dan suguhan orkes simfoni yang diselingi permainan solo suatu instrumen (concerto).

Komponis besar pada zaman ini merupakan Johann Sebastian Bach (16851750) dan George Friederich Handel (1685-1759).

gambar-Tokoh-musik-Johan-Sebastian-Bach
Tokoh Musik Zaman Barok "Johann Sebastian Bach"

5. Musik Zaman Klasik (± 1750-1800)
Istilah "klasik" mengambil suatu bentuk jenis pada dunia sastra , yang memberi ciri-ciri ketaatan pada kaidah-kaidah formal bentuk dan struktur komposisi dalam meraih keseimbangan dan kesempurnaan musik. Zaman klasik dimulai sepeninggal Bach dan Handel (1750). Ciri utama musik klasik antara lain:
a. Pembatasan penggunaan nada-nada penghias (ornament)
b. Penggunaan akor trinada
c. Penggunaan crescendo dan decrescendo
d. Penggunaan accelerando (mempercepat tempo) dan ritardando (memperlambat tempo) dalam penyuguhan musik

Bentuk musik sonata , simfoni , concerto , dan karya-karya lepas (pieces) mengalami pendalaman dan penyempurnaan yang ekspansif. Komponis yang paling penting pada zaman klasik merupakan John Stamitz , Franz Joseph Haydn , dan Wolfgang Amadeus Mozart.

gambar-Tokoh-musik-Franz-Joseph-Haydn
Franz Joseph Haydn sedang memimpin latihan kuartet

6. Musik Zaman Romantik (± 1750-1875)
Zaman romantik dalam kemajuan musik dianggap lebih memprioritaskan keakuan besar yang subjektif guna menyanggupi kepribadian Individu yang bebas dan tidak terbatas. Dalam sajian musiknya , nada-nada penghias tidak dipakai kecuali trill. Perhatian musiknya banyak ditekankan pada duduk kasus dinamik. Sebagai media lisan diri sungguh banyak diciptakan bentuk-bentuk musik seumpama simfoni , kombinasi , konser , opera , sonata , dan karya-karya fantasi tunggal (pieces). Zaman romantik sudah sukses melahirkan banyak komponis dengan karya musik bermutu tinggi , seperti: Ludwig van Beethoven (1770-1827) , Franz Peter Schubert (1797-1823) , Felix Jackob Ludwig Mendelssohn-Bartholdy (1809-1847) , Francois Frederic Chopin (1810-1849) , Robert Alexander Schumann (1810-1856) , Franz Liszt (1811-1866). Louis Hector Berlioz (1803-1869) , Anton Bruckner (1824-1896) , Johannes Brahms (1833-1896) , Modest Moussorgsky (1839-1881) , Nicholas Rimsky Karsikov (1844-1908) , dan Wilhelm Richard Wagner (1813-1883) yang sebab jumlah karyanya dipahami selaku "Bapak Opera".

gambar-tokoh-musik-Franz-Peter-Schubert
Tokoh Musik Zaman Romantik "Franz Peter Schubert"

7. Musik Pra-Modern (± era 18 - era 19)
Sesungguhnya zaman kebesaran romantik sudah final sepeninggal Wagner. Sejak ketika itu muncullah usaha-usaha untuk mencari kemungkinan atau alternatif gres menuju pembaharuan gaya yang lebih tegas , dan itu bermakna revolusi dalam kemajuan musik.

Tokoh-tokoh revolusioner kemajuan musik pramodern ini antara lain:
Cesar Auguste Franck (1822-1890) dari Belgia ,
Gustav Mahler (1869-1911) dari Polandia ,
Richard Strauss ($643949) dari Jerman ,
Sergei Rachmaninoff ( 187 3-1943) dari Rusia.

8. Musik Modern (Abad 20 hingga Sekarang)
Janin musik terbaru merupakan ekperimen komposisi di Konservatori Paris , yang ditangani dengan gamelan , hibah dari Nederland tahun 1887 bagi HUT ke-100 tahun Revolusi Perancis 1889. Komponis musik terbaru dimulai pada tokoh Claude Achille Debussy (1862-1918) selaku penggagas impresionisme. Musik Debussy mengkolaborasikan banyak sekali metode tonal pentatonik (gamelan Jawa) dalam karya musiknya. lnstrumentasi dalam orkes mengalami pergantian dengan lebih cenderung ke ekonomi-orkes , berupa ansambel kecil. Skala nada pentatonis merupakan sesuatu yang fleksibel. Akornya menawan , eksotis , asing namun memaksa orang untuk mendengar. Musiknya menyediakan situasi tersendiri yang menyediakan efek hebat bagi pendengar. Komponis terkemuka zaman terbaru di antaranya: Richard Strauss (1864-1947) , Arnold Schoenberg (1874-1951) , Bela Bartok (1881-1945) , dan lgor Stravinsky (1882-1971). Mereka merupakan komponis ekspresionis modern.

Salah satu tujuan perilaku modernisme yakni emansipasi dan pembebasan dari dan pembatasan , keterbelengguan , dan keterikatan dasar. Musik era 20 menggemari ketidakteraturan sebab membuat ketegangan tekateki yang tidak terduga. Cerminan dinamika waktu dipahami dengan banyak dilakukannya pendekatan terhadap bunyi-bunyi sekeliling seumpama situasi kota , kemudian lintas , kantor , pabrik , terminal bus , dan stasiun kereta api.

Perkembangan permulaan teknologi elektronik audio visual (dinamo , telegraf , telepon , gramafon , radio , film , piringan hitam , dsb) pada permulaan era 20 , menyediakan potensi ke arah medan keleluasaan bunyi yang luas.

Episode gres kemajuan musik terbaru era ke-20 ditandai pada tahun 1940-an. Kemajuan pesat musik elektronik banyak diputuskan di stasiun radio dan studio rekaman musik. Pierre Schaeffer , seorang teknisi Radio diffusion Television Francaise (RTF) menghasilkan rekaman musik elektronik yang disebut musik konkrit. Pada tanggal 5 Oktober 1948 musik konkrit disiarkan di Paris dalam program "Konser Bunyi". Konser ini memperoleh sambutan publik secara luas yang melahirkan jenis musik baru. Penyiaran musik secara luas tersebut dipahami selaku musik elektronik.

Tahun 1960-an , kemajuan media musik elektronik kian pesat dengan lahirnya alat seumpama synthesizer , media perekam multijalur (multitrack) , multimedia elektronik , dan komputer. Muncul tokoh-tokoh musik kekinian seumpama Luciano Berio , Bruno Maderna , Henri Pousseur , Luc Ferrari , Philip Glass , Steve Reich , Lou Harrison , dan masih banyak lagi lainnya. Jenis-jenis musik gres dengan banyak sekali faham , pedoman , dan gaya terus bermunculan. Liberalisasi musik terjadi di mana-mana. Banyak jenis gres musik kekinian yang begitu timbul eksklusif mati , atau cuma bisa bertahan sebentar. Kesesaatan (temporary) merupakan salah satu ciri paling menonjol dari sifat-sifat musik kontemporer.

Perkembangan tren musik perkusi , musik rakyat , teater musik , musik film , rock , jazz , gamelan , musik terkenal , musik hiburan , dan musik-musik yang lain juga sudah menjadi tanda-tanda budaya lazim (urban culture) musik era 20. Musik sudah menjadi bahasa instruksi keseharian yang sama-sama disepakati kebutuhannya.

:
Pengertian Seni Musik dan Unsur-Unsur Seni Musik Secara Lengkap
9 Unsur-Unsur Seni Musik Lengkap dengan Penjelasannya
Jenis-Jenis Alat Musik Lengkap Keterangan dan pola Gambarnya
    Advertisement
    Advertisement


    EmoticonEmoticon