Nih Battle Of Surabaya The Movie (Kartun Animasi Orisinil Karya Anak Bangsa Indonesia)

Share:
                                                        (image source: fb of battle of Surabaya)
       Film animasi Battle of Surabaya the Movie ialah film animasi orisinil karya anak bangsa Indonesia. Film ini diproduksi oleh MSV PICTURES yang berada di gedung dua STMIK AMIKOM YOGYAKARTA, film ini menceritakan wacana pertempuran yang terjadi pada tanggal 10 November 1945 di Surabaya yang disebut juga sebagai "Pertempuran Surabaya". Film ini disutradarai oleh Aryanto Yuniawan dan ceritanya ditiulis oleh M.Suyanto.
        Film Layar Lebar Animasi 2D Pertama Indonesia Battle of Surabaya menceritakan petualangan seorang anak muda berjulukan MUSA, yaitu pandai balig cukup akal tukang semir sepatu yg menjadi kurir bagi pejuang arek2 Suroboyo & TKR dlm pertempuran dahsyat yang terjadi pada tanggal 10 November 1945 Surabaya. Awal dari dongeng ini dongeng dibuka dengan visualisasi dahsyat dari pemboman kota Hiroshima oleh Sekutu yang menunjukan menyerahnya Jepang. "Indonesia merdeka, itu yang kudengar di RRI, Jepang menyerah!!" kata Musa.Tetapi langit Surabaya kembali merah dengan kejadian Insiden Bendera dan kedatangan Sekutu yang ditumpangi oleh Belanda. Belum lagi gangguan oleh beberapa kelompok cowok Kipas Hitam yang dilawan oleh Pemuda Republiken. Residen Sudirman, Gubernur Suryo, Pak Moestopo, Bung Tomo dan tokoh-tokoh lain membangkitkan semangat arek-arek Suroboyo & cowok Indonesia berdiri melawan penjajahan. Musa dipercaya sebagai kurir surat dan kode-kode belakang layar yang dikombinasikan dengan lagu-lagu keroncong dari Radio Pemberontakan Rakyat Indonesia yang didirikan Bung Tomo. Berbagai kejadian dilalui Musa sebagai kurir, kehilangan harta dan orang-orang yang dikasihi menjadi konsekuensi kiprah mulia tersebut.
         Cerita ini merupakan dongeng pembiasaan dari kejadian 10 November 1945 Surabaya. Selain tokoh-tokoh nyata, terdapat tokoh fiktif yang sengaja dibentuk untuk memperkuat pesan yang ingin disampaikan. Pesan perang wacana semangat, cinta tanah air, dan perdamaian. Film animasi Battle Of Surabaya telah banyak menerima penghargaan baik nasional maupun internasional dan juga telah memenangkan kompetisi internasional. Semoga kedepannya film animasi Indonesia semakin maju, televisi-televisi lokal sudah tidak perlu lagi membeli film dari luar negeri tetapi sudah beralih pada animasi karya anak bangsa. Maju terus animasi Indonesia...!!!!!

(sebagian dikutip dari wikipedia)
Advertisement
Advertisement


EmoticonEmoticon