Nih Alat Musik Keyboard | Akor Keyboard | Pembagian Jari Keyboard

Share:
Bermain Alat Musik Keyboard
       Bilah atau tuts yang terdapat pada alat musik keyboard sama dengan bilah yang terdapat pada alat musik pianika atau piano. Penjarian dan petunjuk yang dipakai juga sama. Simbol jari yang dipakai dalam permainan keyboard yakni sebagai berikut.
Keterangan:
Tangan kanan dan kiri diberi simbol angka yang sama, antara lain sebagai berikut.
a. Ibu jari diberi instruksi angka 1
b. Jari telunjuk diberi instruksi angka 2
c. Jari tengah diberi instruksi angka 3
d. Jari anggun diberi instruksi angka 4
e. Kelingking diberi instruksi angka 5

       Dalam permainan keyboard, langkah awal yang harus diketahui yakni menghafal nada-nada yang terdapat pada papan keyboard. Papan yang bertuts putih dalam keyboard dipakai untuk memainkan nada-nada natural, sedangkan papan hitam untuk memainkan nada-nada kromatik. Perhatikan nada yang terdapat pada papan keyboard di bawah ini!
Alat musik keyboard sanggup memainkan melodi lagu serta akor. Akor yakni paduan nada atau suara yang dibunyikan secara serempak dari dua nada atau lebih dan akan menghasilkan suara yang harmonis.
Pernahkah kalian menjumpai partitur lagu yang di atasnya terdapat akornya? Tentunya kalian ingin sekali memainkannya, bukan? Akor pada prinsipnya terdiri atas akor dasar, yaitu I, IV, dan V. Akor yang lain itu merupakan pengembangannya.
Dalam permainan akor, penjarian juga menjadi prioritas utama alasannya dengan penjarian yang benar akan mempermudah gerakan tangan ke akor selanjutnya dan memperindah posisi letak jari, khususnya akor trinada. Akor trinada yakni akor yang terdiri atas tiga nada, misalnya akor C mayor.
Keterangan:
a) Nada C ditekan oleh kelingking 5
b) Nada E ditekan oleh jari tengah 3
c) Nada G ditekan oleh ibu jari 1
       Pada alat musik keyboard, akor dimainkan oleh jari tangan kiri. Khususnya akor trinada, pada prinsipnya dimainkan dengan penjarian yang sama, yaitu 5-3-1.

Macam-macam akor pada alat musik keyboard:
Advertisement
Advertisement


EmoticonEmoticon