Nih Keunikan Tari Jawa Barat (Isilah Gerak Tari Dari Jawa Barat)

Share:
Tarian dari kawasan Jawa Barat pada umumnya mempunyai gerakan yang lincah dan energik. Hal tersebut diwujudkan dalam langkah kaki yang cepat dan ringan serta gerak pinggul dan pangkal pundak sehingga menjadi daya tarik tersendiri. Gerakan tersebut ditarikan oleh penari wanita.
     Salah satu tarian yang populer dari Jawa Barat yakni Jaipongan. Tarian ini merupakan tari pergaulan yang berkembang dari tarian yang telah ada sebelumnya, yaitu tari Ketuk Tilu. Kata Jaipongan berasal dari masyarakat Karawang yang diambil dari gerakannya, Jaipongan masih menampakkan pola-pola dari tari Ketuk Tilu yang mengandung gerakan bukaan, pencugan, nibakeun, dan beberapa gerak mincid.
     Jaipongan mempunyai daya tarik bagi kaum muda alasannya yakni mempunyai gerak tari yang dinamis dengan mengikuti tabuhan kendang. Selain kendang, alat musik lain yang dipakai dalam Jaipongan yakni ketuk, rebab, goong,
kecrek. Ada pula seorang sinden atau penyanyi untuk mengiringi musik yang dimainkan.
Busana yang dipakai untuk Jaipongan antara lain sinjang/celana panjang, kebaya/apok, dan ornamen yang banyak sehingga terlihat megah. Namun demikian busana tersebut tidak menyulitkan penari untuk bergerak.
Di samping itu, terdapat pula tarian yang gerak dasarnya merupakan gerak menabuh alat musik, di antaranya tari Rampak Kendang. 
(Seni Tari Alien Wariatunnisa)
      Tari Rampak Kendang merupakan perpaduan antara gerak dan musik dalam memainkan kendang secara bersamaan, ciri khasnya menonjolkan kekompakan dalam menabuh kendang yang menghasilkan irama yang ceria dan dinamis.
pola dari tari Ketuk Tilu yang mengandung gerakan bukaan Nih Keunikan Tari Jawa Barat (Isilah Gerak Tari Dari Jawa Barat)
Tari Rampak Kendang
Dalam tari kawasan Jawa Barat, ada beberapa istilah gerak tari, di antaranya sebagai berikut.
1. Edeg-edegan atau kuda-kuda yakni gerak pada ketika pembukaan tarian.
2. Jangkung Ilo adalah gerak pembukaan suatu pembukaan dari tari.
3. Gedig adalah gerak langkah di tempat dengan tekanan badan.
4. Mincid adalah gerak langkah menyentuh lantai.
5. Keupat adalah gerak berjalan ke depan.
6. Bakplang
Advertisement
Advertisement


EmoticonEmoticon