Cara Mengubah Bos Kipas Angin Yang Aus

Share:
Apakah anda pernah mengalami kipas angin yang putarannya lambat atau bahkan tidak sanggup berputar sama sekali dan di saat baling-baling digerakkan dengan tangan serasa berat atau seret? Jika pernah , maka itu disebabkan oleh bos dan rotor kipas angin yang sedang dalam kondisi macet atau seret sehingga menghasilkan kipas angin putarannya lambat atau bahkan tidak sanggup berputar sama sekali.

Umumnya penyebab kemacetan pada cuilan bos dan rotor atau as tersebut dikarenakan oleh kemasukan abu yang cukup tebal sehingga kipas angin menjadi berat putarannya , atau sanggup juga lantaran memang terdapat kerusakan pada cuilan bos kipas angin tersebut yang aus dan minta diganti.

Keausan atau rusaknya bos tersebut gotong royong berawal dari abu bergairah yang menggerus permukaan bos lantaran bersinggungan eksklusif dengan rotor atau as. Nah , apabila anda mengalami hal serupa maka alangkah baiknya anda hindari sementara pemakaian kipas anginnya lantaran apabila bos sudah mengalami aus , lazimnya rotor atau as juga akan ikut aus apabila kipas angin terus dipakai dan tentunya ausnya rotor tersebut akhir tergerus oleh bos yang aus tadi.

Makara , lebih baik anda hindari sementara pemakaian kipas anginnya dan kemudian secepatnya melaksanakan perbaikan yaitu dengan mengubah bos yang sudah aus tersebut , hal ini untuk menangkal terjadi kerusakan yang lebih parah lagi misalnya rusaknya rotor atau bahkan terbakarnya dinamo atau motor kipas angin.

Untuk itu pada potensi kali ini saya akan membahas wacana bagaimana cara mengubah bos kipas angin yang aus , proses perbaikan ini gotong royong cukup gampang dan anda sanggup melakukannya sendiri di rumah tanpa perlu membawanya ke tempat jasa reparasi.

Baiklah untuk mengubah bos kipas angin yang aus ada beberapa tahapan yang sanggup anda ikuti menyerupai di bawah ini.

Cara Mengganti Bos Kipas Angin Yang Aus

Tentu saja pertama-tama kita mesti membuka semua epilog kipas anginnya mulai dari pelindung baling-baling , cover depan (penutup dinamo depan) dan juga gearbox yang ada dibelakang dinamo.

Setelah semua proses membongkar atau membuka yang diatas sudah selesai , maka teruskan dengan memisahkan cuilan motor atau dinamo dari dudukannya (leher kipas angin). Kemudian lepaskan keempat bautnya untuk mengambil kedua rumah bosnya , dan apabila dikehendaki potong juga kabel yang mengarah ke dinamonya , lantaran kerap kali ada beberapa merek yang tidak sanggup dilepas eksklusif kabelnya sehingga mesti memotongnya.

Lihat pada gambar dibawah ini
Keterangan :
1. Bos depan dan belakang
2. Bagian as atau rotor yang menjamah bos

Periksa pada kedua bosnya tersebut , lazimnya yang sering rusak merupakan bos cuilan depan , tetapi juga tidak menutup kemungkinan bos cuilan belakang mengalami kerusakan , kesimpulannya merupakan anda mesti melaksanakan penggantian bos yang aus dengan yang gres walaupun mesti mengubah keduanya. Bos gres ini sanggup anda beli ditoko-toko elektronik terdekat di tempat anda.

Jangan lupa untuk menganalisa asnya juga , lazimnya akan terasa ada garis-garis yang bergairah apabila diraba dengan tangan. tetapi apabila tidak terlampau parah , ini sanggup teratasi dengan cara mengamplasnya dengan amplas super halus tetapi amplas sedikit saja lantaran cara ini cuma berencana untuk menetralisir permukaan bergairah atau keausan pada asnya , lantaran rotor atau as yang aus tersebut apabila dibiarkan akan menghasilkan bos yang gres kita ganti akan ikut aus atau rusak di saat kipas angin digunakan.

Oke apabila anda sudah paham cuilan bos mana yang perlu diganti , maka eksklusif saja kita jalankan penggantiannya dengan melepaskan apalagi dahulu cangkang bosnya dengan melepas 3 pengunci menyerupai pada gambar berikut.
Anda mesti waspada di saat melepas tiga pengunci ini , gunakan obeng min untuk membengkokannya lantaran pengunci ini rawat patah , bengkokkan dengan berlahan hingga sanggup dilepas.

Jika sudah maka lepaslah dan keluarkan bosnya , ingat baik-baik posisi atau urutan bagian-bagiannya.
Keterangan :
1. Cangkang bos
2. Peredam bos bawah
3. Bos
4. Peredam bos atas
5. Rumah bos

Bersihkan setiap bagian-bagiannya menyerupai cangkang , peredam dan cuilan lainnya.
Lalu pasang bos barunya dan urutkan bagian-bagiannya menyerupai semula. Sebagai embel-embel saja , anda sanggup memberi lem untuk memperkuat 3 penguncinya , tetapi tetap jalankan dengan hati-hati jangan hingga bosnya terkena lem.
Jangan lupa untuk memberi pelumas atau minyak pelicin pada bos barunya. Perlu dikenang jangan menggunakan pelumas asal pilih semisal oli bekas atau pelumas yang kotor atau lengket , lantaran itu cuma akan menghasilkan bos kipas angin anda menjadi seret atau macet kembali. Gunakan pelumas yang manis misalnya menyerupai minyak mesin jahit singer yang saya gunakan dibawah ini.
Setelah bos sudah diganti maka kini tinggal memasang kembali semua bagian-bagiannya menyerupai dinamo , as , gearbox dan beberapa cuilan yang lain tergolong juga sambungan kabelnya apabila belum tersambung.

Kembalikan seluruhnya menyerupai sediakala kemudian colokan steker kipas angin ke sumber listrik dan wusss angin segar pun bertiup dan menghempaskan semua serdadu nyamuk. haha ..

Oke mungkin cukup sekian , mudah-mudahan postingan ini sanggup menolong dan berharga untuk anda semua , selamat menjajal dan mudah-mudahan berhasil. Jika ada beberapa pertanyaan yang ingin disampaikan silahkan menggunakan kotak komentar dibawah.
Advertisement
Advertisement


EmoticonEmoticon