Teks Iklan (Struktur Teks| Kaidah Kebahasaan|Ciri-Ciri| Fungsi Dan Contoh Teks Iklan)

Share:
Mendengar kata iklan di jaman sekarang pasti bukanlah hal yang ajaib , sebab merupakan di kurun keterangan di sekarang ini ada aneka macam jenis iklan yang sering kita temui di beberapa media , lazimnya terdapat di di media-media elektronik dan media cetak mirip di televisi , majalah koran dan media lainnya.

Iklan lazimnya dibikin dengan tujuan untuk menghipnotis , mengingatkan , menunjukkan , melarang membujuk dan merayu sasaran audience , salah satu yang paling berperan di dalam suatu iklan merupakan teks iklan , teks iklan lazimnya dibikin sedemikian rupa sehingga sanggup menghipnotis sasaran audience.

Untuk menciptakan teks iklan yang bagus dan benar pasti tidaklah sembarang pilih , ada aturan tertentu yang mesti dilibatkan , kebanyakan teks iklan mempunyai struktur , kaidan kebahasaan dan ciri-ciri khusus sesuai dengan fungsinya. bahkan di lembaga pendidikan teks iklan ini dipelajari secara khusus , salah satunya banyak dipelajari di tingkat sma /smk di mata pelajaran bahasa indonesia kelas XII kurikulum 2013.



Bagi anda yang kebetulan sedang mencari materi ihwal teks iklan , maka di postingan kali ini saya akan suguhkan postingan yang membahas ihwal teks iklan secara terperinci. sehingga anda sanggup mengerti struktur dan kaidah teks iklan dengan baik dan benar , yang pada kesannya anda akan sanggup menginterpretasi makna teks iklan baik secara verbal maupun goresan pena , dan juga anda diperlukan sanggup memproduksi teks iklan yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang hendak dibikin baik secara verbal mupun  tulisan.

Sub pokok bahasan yang hendak diuraikan di postingan kali ini termasuk , pemahaman teks iklan , kaidah kebahasaan yang dipakai dalam teks iklan , struktur isi teks iklan , ciri-ciri , fungsi dan juga dilengkapi dengan beberapa pola jenis teks iklan.

Pengertian teks iklan

Secara biasa pemahaman dari teks iklan adalah  suatu media komunikasi yang sungguh efektif untuk menampilkan keterangan terhadap sasaran audience  dengan tujuan untuk menghipnotis , mengiklankan , mengingatkan , menunjukkan , melarang membujuk dan merayu sasaran audience.

Teks iklan juga mempunyai pemahaman secara khusus tergantung dari jenis iklan yang ingin dibikin , untuk iklan suatu produk umpamanya , Teks iklan merupakan salah satu media penawaran spesial yang efektif dalam menjual aneka macam produk terhadap pelanggan sebab merupakan daya jangkauannya yang luas dan masif. Tujuannya merupakan untuk memperkenalkan suatu produk , baik barang maupun jasa terhadap penduduk , guna memukau perhatian penduduk untuk mengetahui , berbelanja , hingga mengonsumsi atau memakai produk yang diiklankan.

Fungsi teks iklan

Secara sederhana , pemahaman teks iklan merupakan selaku pesan yang menampilkan suatu  produk yang ditunjukkan oleh suatu penduduk lewat suatu media. tetapi untuk mmebedakannya dengan pengumuman biasa , iklan lebih diarahkan untuk membujuk orang agar membeli.

iklan mempunyai beberapa fungsi yakni selaku berikut:

1. Sebagai persuasi / upaya pendekatan ( mengarahkan pelanggan untuk membeli)

2. Sebagai keterangan (menyampaikan produk baru) 2.

3. Sebagai reminder atau pengingat (iklan mengingatkan pelanggan ihwal produk tertentu biar senantiasa menggunakanproduk tersebut)

Struktur teks iklan dan rumus teks iklan

Struktur teks merupakan aturan penulisan untuk menyusun suatu teks. Pada Sebuah Iklan , baik yang dipublikasikan lewat media penyiaran mirip televisi atau media cetak , pada dasarnya mempunyai Struktur khusus , struktur iklan pada kedua media tersebut pada dasarnya sama , cuma bentuknya berlainan sebab merupakan perbedaan karateristik medianya-mediumnya.

Struktur dari teks iklan secara biasa merupakan selaku berikut:


1.Judul (kepala gesekan pena atau headline)
Judul iklan biasanya  terletak di cuilan paling atas dari teks iklan , tetapi tidak senantiasa di atas , dan tidak semua iklan mencantumkan judul , sebagian teks iklan menaruh nama produk di cuilan paling atas selaku judul , judul lazimnya biasanya dibikin biar sanggup dilihat pertama kali oleh orang , lazimnya dibikin besar dan tebal.

2. Sub judul(sub headline)
Subheadline lazimnya dipakai untuk menampilkan keterangan yang sungguh penting terhadap kandidat pelanggan ,  lazimnya berisi perihal keistimewaan produk yang diperlukan sanggup menarik kandidat konsumen.

3. Amplifikasi (perluasan / penjelasan ihwal produk)
Berisi deskripsi produk yang diiklankan , mirip spesifikasi , cara mendapat produk yang diiklankan , alamat , dan nomor telepon yang mampu dihubungi.

Naskah atau teks iklan yang mengikuti headline. Sering juga disebut bodycopy/ body text. Pada cuilan ini konsepnya merupakan penjelasan lebih rinci ihwal produk atau barang/jasa yang ditawarkan. Catt: produk2 yang mahal sperti kendaraan beroda empat , rumah ,dll lazimnya diperlukan body text atau amplifikasi iklan.

Rumus Membuat teks iklan

Untuk menciptakan iklan yang bagus selain memperhatikan struktur iklan diperlukan juga rumus iklan AIDCA1 yakni selaku berikut:

Rumus AIDCA
  • Attention (Perhatian) 
  • Interest (Minat) 
  • Desire (Kebutuhan/keinginan) 
  • Conviction (rasa percaya) 
  • Action (Tindakan) . 

1.Attention
Attention mempunyai arti bahwa iklan mesti sanggup memukau perhatian khalayak sasaran. Untuk itu , iklan memerlukan sumbangan ukuran , penggunaan warna , tata letak , atau suara-suara khusus

  • Size untuk media cetak 
  • Air time untuk penyiaran 
  • Warna (spot atau full color) , tata letak (lay out) 
  • Jenis Huruf 
  • Menggunakan headline , slogan yang praktis di ingat. 
  •  
2. Interest
Iklan bermasalah dengan bagaimana pelanggan berkeinginan dan mempunyai kesempatan lebih jauh. Dalam hal ini pelanggan mesti dirangsang biar mau membaca , mendengar , atau menonton pesan-pesan yang disampaikan. Perhatian mesti secepatnya ditingkatkan menjadi minat biar pembeli ingin mengetahui lebih rinci

3. Desire
Bermakna bahwa iklan mesti sanggup menggerakkan kesempatan orang untuk mempunyai atau menikmati produk tersebut. Contoh: Lady Card , Special Card For Special Lady. Gudang Garam Selera Pemberani

4. Conviction
Mengandung arti bahwa iklan mesti sanggup menciptakan keperluan kandidat pembeli. Konsumen mulai goyah dan emosinya mulai tersentuh untuk berbelanja produk tersebut. Untuk menyebabkan Ras Percaya pada diri pembeli. Menggunakan Pembuktian Ahli , Demo , memakai artis public figure. menampilkan persepsi positif pada pelanggan ihwal produk.

5. Action (Tindakan)
Mengandung arti bahwa iklan mesti mempunyai "daya" membujuk kandidat pembeli biar sesegera mungkin mengerjakan suatu tindakan pembelian. Dalam hal ini sanggup dipakai kata beli , ambil , hubungi , rasakan , gunakan , dan lain-lain. Sumber: Kasali , Renald. 1995. , "Manajemen Periklanan: Konsep dan Aplikasinya di Indonesia" , Jakarta: Gr

Ciri Kebahasaan Teks Iklan (Kaidah kebahasaan)

Ciri atau Kaidah kebahasaan teks iklan merupakan aturan bahasa yang dipakai dalam suatu teks iklan , kaidah kebahasaan di dalam teks iklan merupakan selaku berikut:

1. Menggunakan Slogan
Slogan merupakan perkataan atau kalimat yang memukau , menonjol , dan praktis dikenang untuk menampilkan sesuatu , slogan merupakan pernyataan atau susunan kata tertentu yang menerangkan singkat suatu produk atau jasa layanan sehingga praktis dikenang publik. Slogan sungguh penting untuk dunia periklanan. Dengan slogan , iklan tersebut akan praktis dikenang publik dan akan lebih terkenal.
contoh:
Merdeka atau mati , say no to drugs dll.

2. Kalimat Persuasif
Kalimat persuasif merupakan kalimat yang berencana meyakinkan dan membujuk pembaca biar mengerjakan atau mendapat ide penulis terhadap suatu hal. Terdapat beberapa kalimat persuasif yang terdapat pada iklan produk tersebut.

3. Menggunakan Subjek Orang Pertama
Teks iklan lazimnya memakai subjek orang pertama tunggal atau jamak , mirip saya , saya , dan kami untuk mengubah pihak atau instansi pemasang iklan. Subjek yang dipakai pada teks iklan tersebut merupakan subjek orang pertama jamak , yakni kami.

Ciri iklan yang baik

Ciri ciri iklan yang bagus merupakan selaku berikut:

1. Mempunyai sasaran yang terang ,dengan menegaskan sasaran pelanggan ada sasaran utama dan sasaran kedua ,ini juga untuk menegaskan media pasang iklan dan penetapan sasaran pelanggan tergantung pada mutu ,harga ,distribusi(jangkauan pemasaran)

2. Mempunyai konsentrasi atas hal yang ingin di komunikasikan dariproduk dan jasa yang di iklankan

3. Mempunyai pesona tertentu hingga pelanggan yang di sasarnya sanggup berhenti untuk memperhatikan isi iklan ,selain kata kata memukau ,daya tarik iklan timbul dari desain layout yang menarik.

4. Sajikan iklan dengan memukau sebab merupakan suatu iklan dengan isi pesan elok kalau tidak di suguhkan elok tak akan menarik.

5. komunikasi iklan mempunyai empat unsur utama yakni :
  • Pengirim iklan merupakan produsen atau dalam bisnis periklanan di wakili biro iklan 
  • Isi iklan dalam iklan ada headline kalimat singkat tidak lebih dari 10 kata dan di kehendaki pelanggan langsung sanggup banyak keterangan perihal produk dan jasa body copy merupakan keterangan suplemen bila pelanggan tertarik. 
  • Media komunikasi tempat iklan di suguhkan baik di media cetak ,media elektronik atau media yang lain antara lain media internet yang penetrasinya di indonesia masih kurang ,billboard dll. 
  • Penerima iklan pelanggan yang di sasar produk barang atau jasa kita 

6. Pilihlah slogan dengan kata kata padat dan berisi yang merupakan gambaran terhadap headline di mana pelanggan sanggup membaca lebih detail. 

Syarat teks iklan

Sedangkan Syarat-syarat Iklan yang bagus merupakan selaku berikut:

Ditinjau dari isinya , iklan mesti :
a. Harus objektif dan jujur

b. Singkat , terperinci dan praktis dipahami

c. Tidak menyinggung pihak lain

d. Menarik perhatian orang banyak


Ditinjau dari bahasanya , iklan mesti : 

a. Menggunakan opsi kata yang sempurna , memukau , logis dan sopan

b. Ungkapan/majas yang dipakai menarik dan mempunyai daya sugesti bagi khalayak

c. Bahasa disusun untuk menonjolkan keterangan yang dipentingkan

d. Teks iklan mesti menuju sasaran 

Langkah-langkah menyusun teks iklan

Untuk membuat lebih mudah dalam menciptakan teks iklan , ada tindakan yang sanggup anda pakai selaku berikut:

1. Mempelajari apa yang di iklankan dan mengetahui produk pesaingnya.

2. Mempelajari tujuan produk yang hendak diiklankan.

3. Melakukan aktivitas pengumpulan ide-ide.

4. Memilih wangsit yang paling terbaik.

Jenis-Jenis Iklan
Iklan berisikan aneka macam jenis diantaranya merupakan selaku berikut:


1. Iklan Pemberitahuan/Pengumuman , yakni iklan yang berencana untuk menunjukkan sesuatu terhadap khalayak. Salah satu pola iklan pemberitahuan merupakan iklan keluarga. pola : kelahiran , ulang tahun , perkawinan , kematian , dsb.

2. Iklan Undangan , yakni iklan yang berisi ajakan/himbauan untuk mengunjungi suatu acara.

3. Iklan Layanan Masyarakat (ILM) , yakni iklan yang berencana menampilkan penerangan/penjelasan kepad amasyarakat. Contohnya merupakan iklan KB dan iklan bahaya narkoba.

4. Iklan Permintaan , yakni iklan yang berisi permohonan sesuatu , mirip lowongan kerja.

5. Iklan Penawaran , yakni iklan yang berencana menampilkan suatu produk. Iklan ini dipasang oleh perusahaan- perusahaan.

6. Iklan Artikel , yakni iklan yang berisi informasi/penawaran panjang yang diawali dengan perkenalan , isi , keistimewaan dan penutup.

Contoh teks iklan

salah satu pola teks iklan sanggup dilihat pada gambar di bawah ini:

di jaman sekarang pasti bukanlah hal yang ajaib Teks Iklan (Struktur Teks , Kaidah Kebahasaan ,Ciri-Ciri , Fungsi Dan Teladan Teks Iklan)

Teks iklan pada pola di atas merupakan selaku berikut:

Listrik pintar
solusi isi ulang dari PLN
Saatnya anda beralih ke listrik pintar
hubungi kontak center PLN 123 dan pasang listrik pintar sekarang juga.
www.pln.co.id

Struktur dari teks iklan di atas merupakan selaku berikut:

Judul:
Listrik Pintar

sub judul:
Solusi isi ulang dari PLN

Tubuh Iklan:
Saatnya anda beralih ke listrik pinatar

Perluasan:
hubungi kontak center PLN 123 dan pasang listrik pintar sekarang juga.
www.pln.co.id


Itulah uraian lengkap ihwal teks iklan , biar berfaedah


Advertisement
Advertisement


EmoticonEmoticon