Nih Fungsi Tari Dalam Pariwisata & Pemersatu Mayarakat | Perkembangan Tari

Share:
Ada bermacam-macam peran / fungsi tari bagi insan dan kehidupannya. Bagi seorang koreografer
atau orang-orang yang ingin mengungkapkan perasaannya lewat tari, karya tari mempunyai peran
untuk mengungkapkan perasaan manusia. Perasaan tersebut diungkapkan melalui gerak-gerak
yang indah. Adapun, dalam konteks budaya masyarakat karya tari mempunyai tugas sesuai
dengan fungsinya, yaitu sebagai sarana upacara, sarana hiburan, dan seni pertunjukan. Kita akan mempelajari tugas lain karya tari dalam konteks budaya masyarakat.
       Selain beberapa fungsi yang sudah disebutkan di atas, Tari juga mempunyai peranan yang sangat besar bagi pengembangan pariwisata daerah. Salah satu misalnya yakni karya tari berupa sendratari Ramayana. Sendratari Ramayana merupakan karya tari yang sangat populer di Daerah
Istimewa Yogyakarta. Sendratari ini mengambil kisah Ramayana. Cerita tersebut dituangkan dalam drama tari dengan gerak-gerak dan unsur-unsur pendukung karya tari yang telah diatur sedemikian rupa sehingga tercipta karya yang sangat mengagumkan. Pertunjukan sendratari Ramayana sangat digemari para wisatawan, baik wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara yang tiba ke Yogyakarta. Selain dipentaskan di atas panggung, sendratari Ramayana juga dipentaskan di tempat-tempat tertentu, seperti, hotel dan rumah makan. Adanya sendratari Ramayana ini semakin meningkatkan pariwisata di Yogyakarta.
         Peran lain dari karya tari yakni sebagai pemersatu masyarakat dan pendorong masyarakat untuk mempunyai kemampuan diri. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya bazar karya tari yang akhir-akhir ini sering diadakan, baik di tingkat kawasan maupun di tingkat nasional. Melalui bazar tersebut, masyarakat sanggup menunjukkan kemampuannya dalam berkarya seni.

Perkembangan Karya Tari
       Tidak hanya keragaman karya tari yang bermunculan, tetapi keindahan karya tari juga semakin diperhatikan. Pada dikala ini, tarian upacara adab tetap hidup di daerah-daerah tertentu. Salah satu contohnya yakni tarian sebagai media upacara keagamaan (Hindu Dharma) yang tetap hidup dan
berkembang terutama di Bali. Fungsi tari sebagai sarana hiburan juga memegang tugas yang
cukup besar sebagai pelepas lelah masyarakat. Adapun tari-tarian yang digarap sebagai seni
pertunjukan juga tampak maju.
      Seni tari juga sudah mulai dijadikan salah satu sarana berprestasi. Perlombaan-perlombaan
menari mulai diselenggarakan dalam bentuk lomba tari, festival, dan sebagainya. Bahkan, saat ini banyak seniman tari yang mencoba mewujudkan pembaruan nilai dan bentuk seni tari yang sering disebut dengan tari kreasi baru. Hal itu sebagai upaya memperkaya khasanah tari.
Di sisi lain, seni tradisi tetap terpelihara. Sekarang, perhatikan gambar aneka macam pertunjukan karya tari yang diselenggarakan akhir-akhir ini!
Advertisement
Advertisement


EmoticonEmoticon