Nih Pengertian Email Dan Jenis-Jenis Email (E-Mail Berbasis Pop3 Dan E-Mail Berbasis Web)

Share:
A.Pengertian Email
       Email atau electronic mail (surat elektronik) merupakan salah satu media pengirim pesan melalui internet. Apabila Anda ingin mengirimkan pesan kepada seseorang, Anda harus menulis memakai komputer yang dipakai sebagai media pengiriman pesan.
       Pengiriman dan penerimaan e-mail memakai mekanisme standar yang disebut protokol. Protokol untuk pengiriman disebut Simple Mail Transfer Protocol (SMTP). Protokol untuk penerimaan e-mail disebut Post Office Protocol (POP).

B.Jenis-Jenis Email
       Berdasarkan cara membacanya terdapat dua macam layanan e-mail yaitu memakai e-mail berbasis POP3 dan e-mail berbasis web.
a. Email Berbasis POP3
       POP3 (Post Office Protocol version 3) merupakan protokol yang dipakai untuk mengambil pesan dari mail box (kotak surat) pada komputer server dan menyimpannya pada komputer lokal pengguna
POP3. Pengguna layanan server disebut client.
       POP3 mengambil e-mail dari server dengan satu kali koneksi. Maksudnya, dikala Anda membaca e-mail, Anda harus melaksanakan proses penyelarasan (sinkronisasi) memakai perangkat lunak
layanan e-mail. Perangkat lunak tersebut dinamakan e-mail client. Proses sinkronisasi memakai perangkat lunak bertujuan untuk menarik semua e-mail ke komputer lokal pada dikala terjadi koneksi
internet ke server.
Layanan e-mail berbasis POP3 mempunyai beberapa kelebihan berikut.
1) E-mail yang telah masuk ke dalam komputer lokal sanggup dibaca secara offline. Artinya, Anda sanggup membaca e-mail meskipun jaringan internet diputus.
2) Menggunakan e-mail berbasis POP3 sanggup mengurangi usang kanal internet. Akibatnya, biaya kanal internet sanggup dikurangi.
3) Pengarsipan e-mail jauh lebih gampang dan aman. Hal ini disebabkan pengelolaan e-mail dilakukan pada komputer Anda sendiri, bukan pada komputer server.
4) Kapasitas penyimpanan e-mail tergantung pada kapasitas hard disk Anda.
       Meskipun begitu, e-mail berbasis POP3 juga mempunyai kelemahan.
Kelemahan e-mail berbasis POP3 yaitu:
1) untuk mengoperasikan e-mail berbasis POP3 memerlukan perangkat lunak tersendiri, misalnya Outlook Express, Eudora Mail, dan Mutt,
2) e-mail Anda hanya sanggup diakses memakai komputer yang telah terinstal e-mail client. Artinya, Anda tidak sanggup menyidik e-mail dari sembarang komputer.

b. Email Berbasis Web
       E-mail berbasis web (web based e-mail) yakni layanan e-mail dengan bentuk halaman web. Apabila Anda ingin memakai e-mail (mengakses, memeriksa, atau mengirim), Anda harus masuk ke situs
web penyedia layanan e-mail.
Protokol yang dipakai e-mail berbasis web sama dengan protokol yang dipakai web yaitu hypertext transfer protocol (http). Oleh lantaran itu, untuk mengakses e-mail Anda perlu memakai web browser.
E-mail berbasis web mempunyai beberapa kelebihan berikut.
1) Fungsi e-mail sanggup dimanfaatkan di mana pun dan kapan pun selama tersambung dengan internet.
2) Tidak memerlukan e-mail client. Hal ini disebabkan Anda menyerupai membuka halaman web saja.
3) Kapasitas penyimpanan e-mail Anda tergantung pada kapasitas server. Umumnya, server mempunyai kapasitas penyimpanan lebih besar dari hard disk Anda.
Kekurangan e-mail berbasis web sebagai berikut.
1) Saat mengakses e-mail sambungan internet dihentikan terputus.
2) E-mail Anda relatif sulit diarsip. Hal itu dikarenakan e-mail berada pada komputer server.
3) Jika server mengalami masalah, e-mail Anda sanggup rusak atau bahkan hilang begitu saja.
Advertisement
Advertisement


EmoticonEmoticon