Nih Sejarah Tik (Sejarah Perkembangan Teknologi Gosip Dan Komunikasi)

Share:
       Pada awalnya insan hanya  memakai alat sederhana untuk berkomunikasi, contohnya melalui  gambar. Seiring kemajuan peradaban, insan bisa membuat alat- alat modern, menyerupai telepon, untuk melaksanakan komunikasi.
Alat pengolah data dari semenjak jaman purba hingga ketika ini bisa kita  golongkan ke dalam 4 golongan besar.
1. Peralatan manual: yaitu peralatan pengolahan data yang sangat  sederhana, dan faktor terpenting dalam pemakaian alat adalah  memakai tenaga tangan manusia.
2. Peralatan mekanik: yaitu peralatan yang sudah berbentuk mekanik  yang digerakkan dengan tangan secara manual.
3.  Peralatan mekanik elektronik: yaitu peralatan mekanik yang  digerakkan secara otomatis oleh motor elektronik.
4.  Peralatan elektronik: yaitu peralatan yang bekerjanya secara  elektronik penuh.

1. TIK Pada Masa Prasejarah 
       Jika diperhatikan dari  kemampuan bahasanya, tampaknya mereka tidak melaksanakan komunikasi.
Namun, bersama-sama merekapun melaksanakan komunikasi. Hanya saja  komunikasi orang purba berupa pengenalan bentuk saja. Orang purba  sanggup menggambarkan warta yang mereka peroleh dengan cara  menggambarkannya di dinding-dinding gua. 
       Selain memakai gambar di gua, orang pada zaman dahulu  memakai asap untuk melaksanakan komunikasi. Hal ini biasa dilakukan  oleh suku bangsa Indian di Amerika. Mereka memakai asap sebagai  tanda peringatan, tanda bahaya, dan meminta bantuan.
Bagaimanakah perkembangan goresan pena sebagai alat komunikasi?
       Tulisan mulai dikenal pada tahun 3.000 SM oleh bangsa Sumeria dengan  memakai simbol. Di Indonesia sendiri, goresan pena mulai dikenal pada  zaman kerajaan-kerajaan kuno, menyerupai Kutai, Pajajaran, Majapahit, dan  Sriwijaya. Pada masa kerajaan kuno, penggunaan goresan pena sebagai alat  komunikasi hanya terbatas sebagai acara surat-menyurat antarkerajaan.  Orang-orang kerajaan memakai aneka macam bahan, menyerupai kulit kayu,  daun lontar, serta kerikil prasasti sebagai media komunikasi. Pada ketika
itu, alat komunikasi hanya dipakai oleh kalangan-kalangan tertentu,  menyerupai raja dan bangsawan.

2. Tik Pada Masa Modern
       Seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan  teknologi, masa modern merupakan masa keemasan bagi teknologi  warta dan teknologi. Pada masa modern, telah diciptakan alat-alat dan  sistem canggih untuk mempermudah insan melaksanakan komunikasi.  
Contoh alat-alat komunikasi pada masa modern.
a. Surat Kabar
       Surat kabar yakni media cetak yang berisi aneka macam informasi. Surat  kabar disebut juga dengan koran. Di dalam koran terdapat informasi  dengan aneka macam topik, menyerupai insiden politik, olah raga, hiburan,  budaya, dan cuaca.
b. Telepon
       Telepon pertama kali diciptakan oleh  Alexander Graham Bell pada tahun 1876. Telepon merupakan alat yang sanggup mengirimkan pembicaraan melalui sinyal listrik. Dengan memakai telepon, kita
dapat berkomunikasi secara mulut dengan seseorang yang berjarak jauh.  Telepon merupakan alat komunikasi yang sangat bermanfaat dan sangat praktis. Oleh alasannya itu, perkembangannya sangatlah pesat. Pada awalnya, telepon hanya terbatas pada telepon tetap (fixed line telephone). Namun sekarang, teknologi telepon telah berubah menjadi telepon seluler (handphone).
c. Televisi
       Televisi ditemukan pada tahun 1883 oleh Paul Nipkow. Penemuan  televisi berawal dari ditemukannya cakram logam (metal) yang berputar  dan mempunyai banyak lubang. Televisi merupakan alat penangkap siaran
bergambar. Saat ini, televisi memperlihatkan begitu banyak manfaat dan  warta kepada kita.
d.  Komputer
       Saat ini, insan sangat terbantu pekerjaannya oleh suatu alat  yang disebut komputer. Semua pekerjaan menjadi lebih efisien dengan  pemberian komputer. Hampir di setiap rumah dan perkantoran kita dapat  menemukan komputer.
Advertisement
Advertisement


EmoticonEmoticon