Nih Peralatan Teknologi Isu Dan Komunikasi (Berkabel Dan Nirkabel)

Share:
Alat-alat teknologi info dan komunikasi sering disebut sebagai media komunikasi. Media komunikasi ialah media yang digunakan sebagai penghubung antara pengirim dan peserta untuk memberikan informasi. Berdasarkan sistem untuk menghubungkannya, media ini di kelompokkan menjadi dua, yaitu media berkabel dan media tidak berkabel.
1. Media Berkabel (Wired)
       Media berkabel ialah media yang menghubungkan peserta dan pengirim yang secara fisik dengan memakai kabel sebagai penghubung. Berikut ialah alat-alat yang termasuk media berkabel.
a. Kabel Pasangan Terpilin (Kabel Telepon)
       Kabel pasangan terpilin biasa disebut kabel telepon, alasannya ialah biasa digunakan untuk saluran pesawat telepon. Kabel ini terdiri dari atas 2 atau 4 pasang kabel yang diselubungi penyekat (isolator).
b. Kabel Koaksial
       Kabel koaksial biasa digunakan untuk koneksi jaringan lokal, koneksi TV atau antena TV.
c. Kabel Serat Optik

       Kabel serat optik ini berbeda dengan yang lain, alasannya ialah kabel serat optik membawa data dalam bentuk berkas cahaya. Kabel serat optik bisa mengirimkan data dalam frekuensi yang tinggi.

2. Media Tidak Berkabel/Nirkabel (wireless)
       Jaringan tanpa kabel merupakan suatu solusi terhadap komunikasi yang tidak bisa dilakukan dengan jaringan yang menghubungkan kabel..
Saat ini jaringan tanpa kabel sudah mulai marak digunakan dengan memanfaatkan jasa satelit alasannya ialah bisa menawarkan kecepatan terusan yang lebih cepat dibandingkan dengan jaringan memakai kabel.
a. Gelombang Mikro (Microwave)
       Gelombang mikro merupakan bentuk radio yang memakai frekuensi tinggi. Gelombang mikro banyak digunakan pada sistem jaringan MAN, warnet dan penyedia layanan internet (ISP).
b. Satelit
       Satelit bekerjsama juga memakai gelombang mikro, hanya saja satelit digunakan sebagai stasiun relay (penerima dan meneruskan) yang berada di angkasa.
c. Gelombang Radio
       Tranmisi dengan memakai gelombang radio sanggup digunakan untuk mengirimkan bunyi ataupun data. Kelebihan tranmisi ini ialah mengirimkan data sanggup sanggup dilakukan dengan sembarang posisi dan bisa dimungkinkan dalam keadaan bergerak.
d. Infra Merah
       Inframerah biasa digunakan untuk komunikasi jarak dekat. Misalnya, dalam penggunaanya untuk pengendalian jarak jauh contohnya (remoute control) pada televisi serta alat elektronik lain. Kini inframerah digunakan sebagai media transmisi pada jaringan, juga menghubungkan mouse pada
komputer. Keuntungan penggunaan infra merah di antaranya gampang dibentuk dan murah, pemasangannya mudah, dan gampang dipindah-pindah.
Advertisement
Advertisement


EmoticonEmoticon