Nih Pengertian Tik, Informasi, Dan Komunikasi (Teknologi Gosip Dan Komunikasi)

Share:
Pengertian Informasi yaitu kumpulan data yang saling terkait dan telah diproses secara kompleks. Dengan kata lain, warta merupakan hasil dari sebuah data yang telah diproses. Data-data yang tercatat dan saling terkait dikumpulkan, lalu diolah atau diproses sehingga menghasilkan warta yang sempurna dan akurat. Selanjutnya, warta menjadi data yang akan diolah dan akan menjadi warta yang lainnya. Apabila digambarkan dalam bentuk diagram, siklus pembentukan warta menyerupai gambar berikut ini.
Pengertian Komunikasi yaitu suatu proses penyampaian warta berupa pesan, ide, atau gagasan dari satu pihak kepada pihak lain supaya terjadi saling memengaruhi di antara keduanya. Ada dua jenis komunikasi, yaitu komunikasi verbal dan nonverbal. Komunikasi verbal yaitu komunikasi memakai katakata, baik berupa mulut atau tulisan. Komunikasi nonverbal merupakan pengganti
ataupun pendukung dari komunikasi verbal. Contoh dari komunikasi nonverbal yaitu gerakan tubuh yang mengatakan perilaku tertentu, contohnya tersenyum, menggelengkan kepala, atau mengangkat bahu.
       Komunikasi harus memenuhi beberapa komponen supaya komunikasi berlangsung dengan baik. Menurut Laswell, komponen-komponen komunikasi yaitu sebagai berikut.
• Pengirim atau komunikator (sender) yaitu pihak yang mengirimkan pesan kepada pihak lain, yaitu komunikan.
• Pesan (message) yaitu isi atau maksud yang akan disampaikan oleh komunikator kepada komunikan.
• Saluran (channel) yaitu media yang dipakai komunikator untuk mengirimkan pesannya kepada komunikan. Dalam komunikasi atau percakapan antarpribadi secara pribadi (tatap muka), akses sanggup berupa udara yang mengalirkan getaran nada/suara.
• Penerima atau komunikan (receiver) yaitu pihak yang mendapatkan pesan dari pihak lain.
• Umpan balik (feedback) yaitu jawaban dari komunikan pesan atas isi pesan yang disampaikan.
       Contohnya yaitu Kita sanggup melihatnya pada seorang hansip yang membunyikan kentongan tanda kebakaran di poskamling supaya didengarkan oleh warga masyarakat di sekitar poskamling. Hansip tersebut yaitu komunikator.Suara kentongan tanda kebakaran yaitu pesan. Udara yang menjadi media penyebaran bunyi kentongan yaitu akses (channel). Warga masyarakat sekitar pos yang mendengar bunyi kentongan tanda kebakaran yaitu komunikan.Selanjutnya, warga masyarakat tersebut merespon bunyi kentongan dengan bergegas keluar rumah untuk melihat di mana kebakaran terjadi. Respon warga masyarakat inilah yang disebut feedback.

       Pengertian TIK atau Teknologi Informasi dan Komunikasi yaitu istilah dari bahasa Inggris, yaitu ICT (Information and Communication Technology). Teknologi warta mencakup segala hal yang berkaitan dengan proses manipulasi data dan pengelolaan informasi. Teknologi komunikasi mencakup segala hal yang berkaitan dengan proses penyampaian atau pengiriman warta dari pengirim ke penerima. Dari pengertian teknologi warta dan teknologi komunikasi,
kedua teknologi tersebut merupakan teknologi padanan tak terpisahkan, artinya kedua teknologi itu saling berkaitan bersahabat satu sama lain. Teknologi warta dan komunikasi merupakan segala bentuk acara yang terkait dengan proses manipulasi, pengelolaan, dan pemindahan warta dari pengirim ke penerima.
       Pengetahuan perihal TIK membantu kita supaya mengenal, menggunakan, dan merawat peralatan-peralatan yang bekerjasama dengan TIK. Selain itu, kita juga harus menyebarkan potensi kita untuk menyebarkan TIK yang sudah ada sekarang. Dengan TIK, kualitas kehidupan insan di banyak sekali bidang menjadi meningkat.
Advertisement
Advertisement


EmoticonEmoticon