Mata Pelajaran/SK : Membuat Busana Wanita
Kelas/Semester : X / SatuPertemuan ke : 1 s/d 6
Alokasi Waktu : 6 x 4 Jam Pelajaran @ 45 menit
Kompetensi Dasar : 3.1. Membuat uji coba kampuh , rompok ,
depun dan serip
Indikator :
1. Alat dan materi disiapkan sesuai kebutuhan
2. Bahan diiris sesuai pola yang sudah dibuat
3. Uji coba kampuh , rompok , depun , serip dijahit dengan rapi
4. Pengepresan dilakukan dengan rapi
5. Penyelesaian dijalankan dengan jahit tangan
I. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan 1 :
1. Siswa sanggup merencanakan alat untuk menghasilkan uji coba
2. Siswa sanggup merencanakan materi untuk menghasilkan uji coba
Pertemuan 2 :
1. Siswa sanggup menaruh pola pada bahan
2. Siswa dapat menggunting materi sesuai pola
3. Siswa sanggup memberi tanda pola pada materi
Pertemuan 3 :
1. Siswa sanggup menerangkan pemahaman kampuh
2. Siswa sanggup menerangkan tertib kerja menjahit uji coba kampuh
3. Siswa sanggup menjahit uji coba kampuh
Pertemuan 4 :
1. Siswa sanggup menerangkan pemahaman rompok , depun dan serip
2. Siswa sanggup menerangkan tertib kerja menjahit rompok , depun dan serip
3. Siswa sanggup menjahit uji coba rompok , depun dan serip
Pertemuan 5 :
1. Siswa sanggup merencanakan alat untuk mengepres
2. Siswa sanggup mengepres uji coba
Pertemuan 6 :
1. Siswa sanggup menerangkan pemahaman kelim
2. Siswa sanggup menjahit kelim
II. Materi Ajar
Pertemuan 1
1. Macam-macam alat untuk menghasilkan uji coba
2. Bahan untuk menghasilkan uji coba
Pertemuan 2
1. Tehnik menaruh pola pada bahan
2. Tehnik menggunting bahan
3. Tehnik memberi tanda pola pada bahan
Pertemuan 3
1. Pengertian kampuh
2. Tertib kerja menjahit uji coba kampuh
3. Tehnik menjahit uji coba kampuh
Pertemuan 4
1. Pengertian rompok , depun dan serip
2. Tertib kerja menjahit rompok , depun dan serip
3. Tehnik menjahit rompok , depun dan serip
Pertemuan 5
1. Alat untuk mengepres uji coba
2. Tehnik mengepres uji coba
Pertemuan 6
1. Pengertian kelim
2. Tehnik menjahit kelim
III. Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Tanya jawab
3. Demontrasi
4. Praktek / Pemberian Tugas
IV. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
1. Kegiatan Awal
- Memberi salam
- Berdo’a dengan tujuan menanamkan kebiasaan pada diri siswa bahwa pengembangan diri hendaknya selaras antara imtaq dan iptek
- Mengabsen
- Apersepsi :
Sebutkan alat-alat untuk menjahit!
- Motivasi :
Siswa diajak untuk memperhatikan macam-macam alat untuk menjahit
2. Kegiatan Inti
- Memberikan klarifikasi mengenai alat-alat untuk menjahit
- Memberikan klarifikasi mengenai materi untuk menjahit uji coba
- Mendemontrasikan cara mengoperasikan mesin jahit manual
- Siswa menjajal mengoperasika mesin jahit manual secara bergantian
3. Kegiatan Akhir
- Siswa memperhatikan klarifikasi kiprah ahad selanjutnya adalah menggunting materi uji coba
- Siswa menjalankan piket kelas sesuai dengan jadwal
- Pembelajaran ditutup dengan do’a
Pertemuan 2
1. Kegiatan Awal
- Memberi salam
- Berdo’a dengan tujuan menanamkan kebiasaan pada diri siswa bahwa pengembangan diri hendaknya selaras antara imtaq dan iptek
- Mengabsen
- Apersepsi :
Alat-alat apa saja yang dipergunakan untuk menggunting materi !
2. Kegiatan Inti
- Menjelaskan dan mendemonstrasikan tehnik menaruh pola pada bahan
- Siswa praktek menaruh pola pada bahan
- Menjelaskan dan mendemonstrasikan tehnik menggunting bahan
- Siswa mempraktekkan menggunting bahan
- Menjelaskan dan mendemonstrasikan tehnik memberi tanda pola pada bahan
3. Kegiatan Akhir
- Siswa memperhatikan klarifikasi kiprah munggu selanjutnya adalah menjahit kampuh
- Siswa menjalankan piket kelas sesuai dengan jadwal
- Pembelajaran ditutup dengan do’a
Pertemuan 3
1. Kegiatan Awal
- Memberi salam
- Berdo’a dengan tujuan menanamkan kebiasaan pada diri siswa bahwa pengembangan diri hendaknya selaras antara imtaq dan iptek
- Mengabsen
- Apersepsi :
Apakah yang dimaksud dengan kampuh ?
- Motivasi :
Siswa diajak untuk menyaksikan pola mcam-macam kampuh
2. Kegiatan Inti
- Menjelaskan pemahaman kampuh
- Menjelaskan tenyang tertib kerja menjahit uji coba kampuh
- Siswa praktek menjahit uji coba kampuh
3. Kegiatan Akhir
- Siswa memperhatikan klarifikasi kiprah ahad selanjutnya adalah menjahit rompok , depun dan serip
- Siswa menjalankan piket kelas sesuai dengan jadwal
- Pembelajaran ditutup dengan do’a
Pertemuan 4
1. Kegiatan Awal
- Memberi salam
- Berdo’a dengan tujuan menanamkan kebiasaan pada diri siswa bahwa pengembangan diri hendaknya selaras antara imtaq dan iptek
- Mengabsen
- Apersepsi :
Apakah yang dimaksud dengan rompok ?
- Motivasi :
Siswa diajak untuk memperhatikan pola rompok , depun dan serip
2. Kegiatan Inti
- Menjelaskan pemahaman rompok , depun dan serip
- Menjelaskan mengenai tertib kerja menjahit rompok , depun dan serip
- Siswa praktek menjahit rompok , depun dan serip
3. Kegiatan Akhir
- Siswa menghimpun kiprah praktek
- Siswa memperhatikan klarifikasi kiprah ahad selanjutnya adalah mengepres uji coba kampuh , rompok , depun dan serip
- Siswa menjalankan piket kelas sesuai jadwal
- Pembelajaran ditutup dengan do’a
Pertemuan 5
1. Kegiatan Awal
- Memberi salam
- Berdo’a dengan tujuan menanamkan kebiasaan pada diri siswa bahwa pengembangan diri hendaknya selaras antara imtaq dan iptek
- Mengabsen
- Apersepsi :
Alat apa sajakah yang dipergunakan untuk mengepres ?
- Motivasi :
Siswa diajak untuk memperhatikan hasil jahitan yang belum dipres dan yang sudah dipres
2. Kegiatan Inti
- Siswa merencanakan alat untuk mengepres
- Menjelaskan dan mendemonstrasikan tehnik mengepres
- Siswa praktek mengepres uji coba kampuh , rompok , depun dan serip
3. Kegiatan Akhir
- Siswa menghimpun kiprah praktek
- Siswa memperhatikan klarifikasi kiprah ahad selanjutnya adalah mengakhiri uji coba dengan jahit tangan
- Siswa menjalankan piket kelas sesuai jadwal
- Pembelajaran ditutup dengan do’a
Pertemuan 6
1. Kegiatan Awal
- Memberi salam
- Berdo’a dengan tujuan menanamkan kebiasaan pada diri siswa bahwa pengembangan diri hendaknya selaras antara imtaq dan iptek
- Mengabsen
- Apersepsi :
Apakah yang dimaksud dengan kelim ?
- Motivasi :
Siswa diajak untuk memperhatikan pola kelim
2. Kegiatan Inti
- Menjelaskan pemahaman kelim
- Menjelaskan dan mendemonstrasikan tehnik menjahit kelim
- Siswa praktek menjahit kelim
3. Kegiatan Akhir
- Siswa menghimpun kiprah praktek
- Siswa menjalankan post test
- Siswa memperhatikan klarifikasi kiprah ahad selanjutnya adalah merencanakan materi untuk menjahit rok
- Siswa menjalankan piket kelas sesuai jadwal
- Pembelajaran ditutup dengan do’a
V. Alat , Bahan dan Sumber Belajar
1. Alat-Alat :
- Alat-alat tulis
- Macam-macam perlengkapan untuk menjahit
- Alat peraga : pola macam-macam kampuh , rompok , depun , serip dan kelim
2. Bahan-bahan :
- Kain blacu
3. Sumber Belajar
- Bahan asuh / modul :
a. Tata Busana untuk Sekolah Menengah kejuruan Jilid 1 dan 2 oleh Ernawati , Izwerni
b. Menjahit busana perempuan dan anak tingkat dasar oleh Dra. Hj. Roeswoto
c. Tata Busana 1 untuk SMTK/SMKK oleh Ny. Nuraini Sutantio
VI. Penilaian
Menilai hasil praktek menjahit
No. KRITERIA PENILAIAN POIN SKOR YANG DIPEROLEH
1. Ketepatan hasil jahitan 50 ...............
2. Kerapihan hasil jahitan 40 ...............
3. Kebersihan hasil jahitan 10 ...............
TOTAL NILAI 100 ...............
Menilai hasil evaluasi
NOMOR SOAL POIN SKOR YANG DIPEROLEH
1 20
2 20
3 20
4 20
5 20
TOTAL NILAI 100
Lembar Evaluasi
Petunjuk soal :
Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan benar !
1. Sebutkan macam-macam alat untuk menjahit !
2. Jelaskan pemahaman kampuh !
3. Sebutkan macam-macam kampuh !
4. Jelaskan pemahaman kelim !
5. Sebutkan macam-macam alat untuk mengepres !
Kunci Jawaban :
1. Macam-macam alat untuk menjahit adalah :
Mesin jahit , jarum jahit , gunting , kumparan , palet , pendedel , bidal , rader
2. Pengertian kampuh adalah :
Sambungan dari dua potong materi yang teratasi dengan majemuk tehnik
3. Macam-macam kampuh :
1) Kampuh terbuka
2) Kampuh tertutup
3) Kampuh balik
4) Kampuh pipih
4. Pengertian kelim adalah :
Penyelesaian tepi dari bagian-bagian busana agar tepi jahitan mempunyai bentuk yang rapi
5. Macam-macam alat untuk mengepres adalah :
Seterika , papan seterika , alat semprot , kain putih
Advertisement
Baca juga:
Advertisement
EmoticonEmoticon