Nih Teknik Membatik (Teknik Kerajinan Kain Batik)

Share:
       Teknik membatik telah mengalami perkembangan tanpa meninggalkan teknik usang yang telah diwariskan secara bebuyutan oleh nenek moyang bangsa Indonesia. Teknik batik yang kita kenal di Nusantara, antara lain adalah: 
1) Batik Tulis
        Batik tulis yaitu batik yang dibentuk dengan teknik menggambar motif di atas kain memakai canting. Canting yaitu alat khusus untuk menggambar motif batik di atas kain yang berisi cairan lilin atau malam panas untuk menutup bagianbagian tertentu sesuai dengan contoh yang dibuat. Batik tulis mempunyai keunggulan nilai seni dibandingkan dengan batik yang lain.
2) Batik Cap
        Batik cap yaitu batik yang dibentuk dengan memakai teknik cap (stempel), biasanya dibentuk dari tembaga dan dibubuhi malam (cairan lilin panas).
3) Batik Sablon
       Batik sablon yaitu batik yang dibentuk dengan memakai klise (hand printing). Motif batik yang sudah dibentuk kemudian dibentuk klise kemudian dicetak.
4) Batik Printing
       Batik printing yaitu batik yang dibentuk dengan teknik printing atau memakai alat mesin. Teknik pembuatannya seolah-olah dengan batik sablon.
5) Batik Lukis
       Batik lukis yaitu batik yang dibentuk dengan teknik melukiskan pribadi di atas kain. Alat yang
digunakan dan motif yang dibentuk pun lebih bebas.
Advertisement
Advertisement


EmoticonEmoticon