Nih Rujukan Gagasan Utama Paragraf | Menemukan Gagasan Utama

Share:
Setiap paragraf yang baik niscaya mempunyai satu gagasan utama. Gagasan utama biasanya terletak pada kalimat utama. Kalimat utama lazimnya terdapat pada awal paragraf. Namun demikian, tidak sedikit paragraf yang kalimat utamanya terletak di akhir paragraf, di awal dan simpulan paragraf, atau menyebar di seluruh paragraf.
       Gagasan utama itulah yang diuraikan dalam setiap paragraf dengan kalimat-kalimat penjelas. Perhatikan letak gagasan utama dalam paragraf berikut!
=> Menentukan Gagasan Utama
Paragraf 1
       Setiap orang mempunyai hobi atau kegemaran, namun tidak setiap orang sanggup membuatkan hobinya dengan baik. Banyak faktor yang mengakibatkan orang tidak sanggup membuatkan hobinya. Pertama, kemungkinan lingkungan tidak mendukung. Sebagai contoh, kita mempunyai hobi melukis, namun orang renta tidak menginginkan kita membuatkan hobi kita itu. Faktor kedua, yaitu dana atau kemudahan pendukung. Kita mempunyai hobi beternak ayam, namun kita tinggal di perkotaan yang padat penduduk. Faktor lain yang lebih penting yaitu kemauan kita. Apapun hambatan yang kita hadapi, apabila kita mempunyai kemauan yang kuat, tidak setengah hati, kita sanggup mengatasi masalah-masalah yang menghambat pengembangan hobi kita.
Paragraf 2
       Permainan kendaraan beroda empat mini 4 WD mungkin bukan hal abnormal bagi kita. Permainan balap kendaraan beroda empat mini yang diperkenalkan pertama kali oleh Tamiya pada tahun 1982 ini sanggup menarik minat banyak penggemar di banyak negara, termasuk Indonesia. Berbagai lomba Tamiya diadakan di seluruh pelosok negeri ini, tidak hanya di kota-kota besar, di kota-kota kecil pun  lomba beradu Tamiya ini kian marak. Permainan Tamiya telah menjadi kegemaran gres bagi penduduk bumi.
 
      Apabila kita amati dengan cermat, gagasan utama pada paragraf 1, terletak pada kalimat pertama.  yaitu:
"Setiap orang mempunyai hobi atau kegemaran, namun tidak setiap orang sanggup membuatkan hobinya dengan baik."

Pada paragraf 2, gagasan utama terletak pada kalimat terakhir. yaitu pada:
"Permainan Tamiya telah menjadi kegemaran gres bagi penduduk bumi."
Dalam setiap gagasan utama tersebut terdapat inspirasi pokok paragraf. 
Advertisement
Advertisement


EmoticonEmoticon