Nih Teknik Bantingan, Tangkapan, Dan Jatuhan Dalam Pencak Silat (Pengertian Teknik Bantingan, Tangkapan, & Jatuhan)

Share:
Bantingan Dalam Pencak Silat
       Pengertian bantingan ialah teknik dan seni administrasi serangan pada jarak jangkau erat yang dilakukan dengan terlebih dahulu menangkap salah satu komponen badan lawan untuk selanjutnya melalui proses mendorong atau menarik, kemudian dihempaskan. Dilihat dari titik tumpu penyangganya, bantingan sanggup dilaksanakan dengan sekurang-kurangnya empat macam teknik, yakni bantingan tungkai, bantingan pinggul, bantingan punggung, dan bantingan kaki. Dalam pertandingan pencak silat tentu ada aturan-aturan yang harus dipatuhi dan dilaksanakan oleh pesilat.
      Kategori pertandingan pencak silat menampilkan dua orang pesilat dari kubu yang berbeda. Keduanya saling berhadapan memakai unsur pembelaan dan serangan, yaitu menangkis/ mengelak/ mengena/ menyerang pada target yang diperbolehkan dan menjatuhkan lawan, memakai seni administrasi dan teknik bertanding, ketahanan stamina, dan semangat juang, serta memakai kaidah dan referensi langkah yang memanfaatkan teknik/ jurus untuk mendapat nilai terbanyak.
(: Ketentuan dan Kategori Tanding Pencak Silat)

Tangkapan Pencak Silat
     Tangkapan ialah teknik dan seni administrasi serangan pada jarak jangkau erat dan sedang yang dilaksanakan dengan menangkap salah satu komponen badan lawan untuk dilanjutkan dengan bantingan, jatuhan, dan kuncian. Dari segi teknik, tangkapan sanggup dilaksanakan dari luar dan dari dalam, yang masing-masing disebut tangkapan luar dan tangkapan dalam.
      Tangkapan luar ialah teknik tangkapan yang dilaksanakan dari arah luar badan pesilat yang melaksanakan teknik tangkapan, sedangkan tangkapan dalam ialah teknik tangkapan yang dilaksanakan dari arah dalam badan pesilat yang melaksanakan teknik tangkapan.

Jatuhan Pencak Silat
      Jatuhan ialah teknik dan seni administrasi serangan pada jarak jangkau jauh dan sedang yang dilaksanakan dengan memakai tungkai atau kaki untuk menjatuhkan lawan. Teknik jatuhan ini dalam pencak silat lazim disebut dengan teknik sapuan. Teknik ini sanggup dibedakan menjadi lima macam, yaitu:
a. Sapuan tegak, yaitu menjatuhkan lawan yang dilaksanakan dengan memakai tungkai yang disapukan dalam posisi tegak ke kaki lawan.
b. Sapuan rebah, yaitu teknik menjatuhkan lawan yang dilaksanakan dengan memakai tungkai yang disapukan dalam posisi rebah ke kaki lawan.
c. Besetan, yaitu teknik menjatuhkan lawan yang dilaksanakan dengan memakai kaki atau tungkai yang dikaitkan ke kaki lawan.
d. Guntingan, yaitu teknik menjatuhkan lawan yang dilaksanakan dengan menjepitkan kedua tungkai pada bab badan yang disahkan untuk diserang.
e. Sabetan, yaitu serangan menjatuhkan lawan dengan perkenaan tulang kering ke target betis dengan lintasan dari luar ke dalam.
(Baca : Pukulan dan Tendangan Dalam Pencak Silat)
Advertisement
Advertisement


EmoticonEmoticon