Nih Kandungan Dan Manfaat Sayuran Wortel, Bayam, Kangkung, Dan Jagung

Share:
Indonesia mempunyai kekayaan flora sayuran yang beraneka macam. Kita patut bersyukur atas karunia yang diberikan Tuhan pada bangsa Indonesia. Setiap flora sayuran mempunyai kandungan dan manfaat yang berbeda-beda. Sayuran sangat baik untuk kesehatan tubuh lantaran kandungan serat yang tinggi serta nutrisi lainnya.
Berikut ini kandungan dan manfaat dari beberapa sayuran.

1. Kandungan dan Manfaat Wortel
    Wortel (daucus carota) seringkali dikatakan sebagai buah lantaran banyak orang memakannya secara mentah, ibarat buah yang dikupas kulitnya, dicuci kemudian dimakan. Wortel dengan rasanya yang elok amat disukai belum dewasa kalau dibentuk sayur sop.
 Indonesia mempunyai kekayaan flora sayuran yang beraneka macam Nih Kandungan dan Manfaat Sayuran Wortel, Bayam, Kangkung, dan Jagung
Kandungan Sayuran Wortel
    Wortel cuilan akar/umbi yang dimakan dan umumnya bewarna oranye agak kemerahan. Ini menunjukan wortel kaya akan kandungan betakaroten (vitamin A). Zat gizi ini sangat baik untuk kesehatan mata dan kulit. Wortel juga mengandung vitamin C yang cukup tinggi sehingga membuatnya mempunyai sifat antioksidan tinggi. Selain itu, wortel juga mengandung asam folat, kalsium, mangan, fosfor, kromium, zat besi, dan seng, serta serat. Kandungan wortel yang amat kaya ini mengakibatkan wortel sangat dianjurkan oleh hebat kesehatan untuk menambahkan wortel dalam konsumsi harian. Banyak manfaat yang sanggup dirasakan tubuh bila membiasakan mengonsumsi wortel. 
Berikut ini ialah beberapa manfaat dari wortel:
  1. Dapat mengatasi sembelit dari kandungan serat wortel yang sanggup menaikkan volume feses sehingga memperlancar buang air besar.
  2. Dapat menyehatkan kulit kalau rajin makan wortel setiap hari. Kulit kering secara perlahan-lahan akan tampak sehat dan cemerlang.
  3. Dapat meningkatkan daya tahan tubuh lantaran kandungan vitamin yang terdapat pada wortel, juga mempercepat penyembuhan luka dan peradangan yang disebabkan oleh virus
  4. Dapat mengatasi hipertensi, kalau rutin meminum air wortel setiap harinya.
  5. Dapat menjaga kesehatan gigi kalau suka mengunyah wortel mentahmentah,
  6. Dapat menghilangkan plak dari gigi, mencegah perdarahan pada gusi dan memelihara gigi biar tetap sehat dan kuat.
  7. Menurunkan resiko stroke dan kanker.


2. Kandungan dan Manfaat Bayam
    Bagian bayam yang dikonsumsi ialah daunnya. Bayam mempunyai daun lebar dan berwarna hijau cerah. Sayur bayam sangat digemari oleh anak-anak, anak muda, dan orang tua.
 Indonesia mempunyai kekayaan flora sayuran yang beraneka macam Nih Kandungan dan Manfaat Sayuran Wortel, Bayam, Kangkung, dan Jagung
Menurut hasil penelitian, bayam mempunyai banyak kandungan dan manfaat bagi kesehatan. Flavonoid dalam bayam mempunyai sifat antioksidan dan antikanker. Bayam mengandung vitamin K yang tinggi dan mineral lainnya ibarat magnesium, seng, tembaga, dan fosfor. Kandungan mineral-mineral tersebut bermanfaat untuk melindungi pengeroposan tulang dan menguatkan tulang. Vitamin K pada bayam juga berperan menjaga kesehatan fungsi otak dan sistem syaraf. Magnesium dalam bayam membantu dalam menjaga tekanan darah normal. Vitamin C dengan sifat alkalinitas dalam bayam menunjukkan manfaat anti inflamasi dan peningkatan sistem kekebalan tubuh. Bayam sangat bermanfaat bagi kecerdasan otak dan menjaga kesehatan mata lantaran mengandung karetenoid.

3. Kandungan dan Manfaat Kangkung
    Sayur kangkung banyak terdapat di negara tropis dan subtropis. Ada dua varietas sayur kangkung yaitu kangkung darat dan kangkung air. Jenis kangkung yang biasanya dipakai ialah kangkung darat lantaran proses budidayanya lebih mudah, sanggup dilakukan di dataran rendah ataupun di dataran tinggi. Sayur kangkung sangat gampang tumbuh di tanah lembab lantaran media hidupnya di air. Cita rasanya yang nikmat, daunnya yang lembut dan pengolahannya yang gampang menjadi aneka macam macam hidangan menciptakan sayuran kangkung banyak disukai masyarakat. Daun dan batang ujung kangkung yang masih muda sanggup dimakan mentah atau dimasak tumis hanya dengan bawang putih dan sedikit garam. Selain sayuran yang yummy rasanya, sayur kangkung juga kaya kandungan nutrisi dan manfaat.
 Indonesia mempunyai kekayaan flora sayuran yang beraneka macam Nih Kandungan dan Manfaat Sayuran Wortel, Bayam, Kangkung, dan Jagung
    Kangkung mempunyai kandungan vitamin A yang sangat tinggi bermanfaat sebagai antioksidan untuk menangkal serangan radikal bebas pada kornea mata, serta mengandung beta karotin yang menjaga mata biar tetap sehat. Selain itu, kangkung mengandung vitamin C lebih tinggi daripada buah-buahan yang sanggup menangkal serangan virus flu dan sariawan. Kangkung mengandung zat besi yang baik untuk menambah hemoglobin, bermanfaat mencegah dan mengurangi anemia, mengandung serat untuk mengatasi sembelit, dan ekstrak sayur kangkung baik untuk perembesan kadar gula di dalam tubuh dan menghambat proses kenaikan kadar gula di dalam darah (diabetes melitus). Apabila kita tak bisa tidur dengan mengonsumsi kangkung sanggup tidur pulas lantaran mengandung unsur sedatif yang berfungsi sebagai obat tidur alami.

4. Kandungan dan Manfaat Jagung
    Jagung mempunyai aneka macam khasiat bagi kesehatan kita. Jagung mempunyai banyak serat sehingga bermanfaat untuk memperbaiki susukan pencernaan, mencegah wasir, sembelit, dan juga menurunkan tingkat risiko kanker usus besar.
 Indonesia mempunyai kekayaan flora sayuran yang beraneka macam Nih Kandungan dan Manfaat Sayuran Wortel, Bayam, Kangkung, dan Jagung
Antioksidan yang terkandung di dalamnya sanggup membantu merawat kulit biar tetap kekal muda. Jagung kaya akan mineral, mempunyai kandungan zat besi, magnesium, serta fosfor yang tinggi yang sangat diharapkan oleh tulang biar tetap sehat dan sanggup meningkatkan fungsi ginjal. Asam folat (vitamin B9) yang tinggi pada jagung sanggup mencegah anemia, baik untuk perempuan hamil lantaran sanggup mencegah bayi kekurangan berat tubuh dan cacat lahir. Kandungan karotenoid, vitamin C, dan juga bioflavonoids yang terdapat di dalam jagung elok sanggup membantu untuk menjaga jantung tetap sehat dengan cara mengendalikan kadar kolesterol di dalam darah serta meningkatkan sirkulasi darah di dalam tubuh. (Sumber ref: Buku Prakarya)
Advertisement
Advertisement


EmoticonEmoticon