Rumus Fungsi Aritmatik Pada Exel
Salah satu fungsi utama dari Microsoft Excel yakni untuk menghitung data secara otomatis. Perhitungan ini sanggup lakukan dengan cara menciptakan formula (rumus) sederhana. Ketika menciptakan formula atau rumus sering dipakai simbol/operasi aritmatik menyerupai berikut.
Salah satu fungsi utama dari Microsoft Excel yakni untuk menghitung data secara otomatis. Perhitungan ini sanggup lakukan dengan cara menciptakan formula (rumus) sederhana. Ketika menciptakan formula atau rumus sering dipakai simbol/operasi aritmatik menyerupai berikut.
Operasi Aritmatik Pada Excel | |||
No | Simbol | Fungsi | Contoh Penggunaan |
1 | ^ | Pemangkatan | =2^3 atau =A2^3 atau =A2^B2 |
2 | * | Perkalian | =13*4 atau =B2*4 atau =B2*C2 |
3 | / | Pembagian | =42/6 atau =D3/6 atau =D3/E3 |
4 | + | Penjumlahan | =15+20 atau =C4+20 atau =C4+D4 |
5 | - | Pengurangan | =135–40 atau =A5–40 atau =A5–B5 |
Rumus Fungsi Statistik Pada Excel
Pada bahasan fungsi ikon bab4, secara tidak pribadi kita telah berguru fungsi statistik melalui pemanfaatan ikon Autosum . Namun kali ini kita akan berguru fungsi statistik dengan penggunaan rumus. Pada umumnya fungsi statistik memerlukan argumen berupa range. Adapun fungsi Statistik antara lain sebagai berikut.
1. SUM
Berfungsi untuk menjumlahkan data dalam suatu list atau range.
Contoh:
=SUM(B5:B15) menjumlahkan angka-angka yang terdapat dalam range B5 hingga B15.
=SUM(A3,B6,D15) menjumlahkan angka pada sel A3, B6 dan D15.
2. COUNT
Berfungsi untuk menghitung banyaknya data dalam list atau range.
Contoh:
=COUNT(B5:B15) menghitung banyak data yang terdapat dalam range B5 hingga B15.
=COUNT(A3,B6,D15) menghitung banyaknya data pada sel A3, B6 dan D15
3. AVERAGE
Berfungsi untuk mencari nilai ratarata dalam suatu list atau range.
Contoh:
Berfungsi untuk mencari nilai maksimum atau terbesar dalam suatu list atau range.
Contoh:
Berfungsi untuk mencari nilai minimum atau terkecil dalam suatu list atau range.
Contoh:
Pada gambar dibawah ini kita akan menghitung jumlah, ratarata, dan lain-lain dengan memakai fungsi statistik.
Langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mengisi jumlah, rata-rata, maksimum, minimum yakni sebagai berikut.
Berfungsi untuk mencari nilai ratarata dalam suatu list atau range.
Contoh:
=AVERAGE(B5:B15) menghitung rata-rata dalam range B5 hingga B15.4. MAX
=AVERAGE(A3,B6) mengitung rata-rata dari sel A3 dan B6.
Berfungsi untuk mencari nilai maksimum atau terbesar dalam suatu list atau range.
Contoh:
=MAX(B5:B15) memperlihatkan nilai yang tertinggi dalam range B5 hingga B15.5. MIN
Berfungsi untuk mencari nilai minimum atau terkecil dalam suatu list atau range.
Contoh:
=MIN(B5:B15) memperlihatkan nilai yang terendah dalam range B5 hingga B15.Contoh Penggunaan Sum, Qount, Average, Max, Min Pada Microsoft Excel
Pada gambar dibawah ini kita akan menghitung jumlah, ratarata, dan lain-lain dengan memakai fungsi statistik.
Langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mengisi jumlah, rata-rata, maksimum, minimum yakni sebagai berikut.
- Untuk mencari jumlah, klik sel C14 dan masukkan rumus =SUM(C6:C12). Lalu tekan Enter.
- Untuk mencari rata-rata, klik sel C15 dan masukkan rumus =AVERAGE(C6:C12). Lalu tekan Enter.
- Untuk mencari maksimum, klik sel C16 dan masukkan rumus =MAX(C6:C12). Lalu tekan Enter.
- Untuk mencari minimum, klik sel C17 dan masukkan rumus =MIN(C6:C12). Lalu tekan Enter.
Berikut yakni hasil dari penerapan rumus excelnya:
Fungsi Logika Pada Excel
Fungsi kebijaksanaan dipakai kalau kita memerlukan suatu pernyataan logika. Untuk memakai pernyataan kebijaksanaan ini diharapkan salah satu operator kebijaksanaan sebagai berikut.
- = sama dengan
- < lebih kecil dari
- > lebih besar dari
- <= lebih kecil sama dengan
- >= lebih besar dari
- <> tidak sama dengan
- #AND# kebijaksanaan DAN
- #OR# kebijaksanaan ATAU
- #NOT# kebijaksanaan TIDAK
Pada Microsoft Excel terdapat fungsi kebijaksanaan IF. Fungsi kebijaksanaan IF merupakan fungsi untuk mengambil keputusan menurut alternatif yang ada. Pada umumnya fungsi kebijaksanaan IF memiliki bentuk berikut ini. =IF(logical_test;[value_if_true];[value_if_false]). Bila kondisi benar atau sesuai logical_test maka perintah value_if_true yang dilaksanakan, tapi kalau salah maka perintah value_if_false yang akan dilaksanakan.
Contoh penerapan fungsi kebijaksanaan IF Pada Microsoft Excel
Sebagai rujukan dalam gambar dibawah ini Kita ingin mengetahui siapa saja siswa yang lulus dan yang tidak lulus. Adapun ketentuan siswa yang “Lulus” yakni siswa yang nilainya di atas atau sama dengan 60. Sedangkan yang kurang dari 60 dinyatakan “Tidak Lulus”. Maka langkah yang harus kita lakukan yakni sebagai berikut.
1. Aktifkan sel D4
2. Masukkan rumus kebijaksanaan fungsi IF
=IF(C4>=60,“Lulus”,“Tidak Lulus”)
3. Tekan Enter
4. Pada sel D4 akan tampak hasil dari fungsi kebijaksanaan IF yang kita gunakan, menyerupai pada Gambar 6.12
5. Kita sanggup mengetahui hasil pada sel D5-D7 hanya dengan cara menarik Fill handle D4 hingga dengan D7 menyerupai gambar dibawah ini:
Selain memakai cara di atas, kita juga sanggup memakai fungsi kebijaksanaan IF melalui Insert Function.
Langkah-langkahnya yakni sebagai berikut.
1. Aktifkan sel D4.
2. Klik sajian Insert Function atau klik tombol toolbar Insert Function. Kotak obrolan Insert Function akan tampil menyerupai gambar dibawah ini:
3. Pilih dan klik IF.
4. Klik OK.
5. Selanjutnya akan muncul Function Arguments.
6. Jika verbal kebijaksanaan dalam Logical_Test bernilai TRUE, lanjutkan dengan mengisi kotak Value_if_true. Seperti rujukan di atas ketiklah “Lulus”.
7. Kemudian isi kotak Value_if_false. Seperti rujukan di atas ketiklah “Tidak Lulus”.
8. Klik OK.
Advertisement
Baca juga:
Advertisement
EmoticonEmoticon