Nih Permainan Kasti (Pengertian Kasti, Alat Dan Lapangan Kasti, Teknik Dasar Kasti)

Share:
A.Pengertian Kasti
       Kasti adalah sebuah permainan memukul dan menangkap bola. Kasti termasuk jenis olahraga permainan beregu. Dalam olahraga kasti, kalian akan berguru wacana pentingnya kerja sama, disiplin, dan kerja keras.
Ada dua regu yang bermain dalam setiap permainan, yaitu regu pemukul dan regu regu penjaga. Kasti bisa dimainkan oleh anak pria maupun perempuan.

B.Alat dan Lapangan Permainan Kasti
       Permainan kasti dilakukan memakai alat pemukul dan bola. Alat pemukul berupa tongkat umumnya terbuat dari kayu. Panjang tongkat pemukul yaitu 60 cm. Bola kasti terbuat dari materi karet yang di bab dalamnya diisi dengan sabut kelapa atau materi sejenis. Bila tidak ada bola kasti, bisa juga memakai bola tenis yang sedikit dilubangi. Hal itu biar bola sedikit kempes, sehingga jikalau dipukul tidak melambung terlalu jauh.
 sebuah permainan memukul dan menangkap bola Nih Permainan Kasti (Pengertian Kasti, Alat dan Lapangan Kasti, Teknik Dasar Kasti) (bola dan alat pemukul)
       Lapangan permainan kasti berbentuk segi empat. Ada dua pos, yang mempunyai kegunaan sebagai daerah berhenti
atau hinggap bagi pemain. Ada pula ruang penjaga dan ruang bebas.
 sebuah permainan memukul dan menangkap bola Nih Permainan Kasti (Pengertian Kasti, Alat dan Lapangan Kasti, Teknik Dasar Kasti)(lapangan kasti)

 C.Teknik Dasar Bermain Kasti
       Di dalam olahraga kasti terdapat beberapa teknik dasar. Teknik-teknik dasar ini perlu dikuasai, biar kalian sanggup memainkan kasti dengan benar. Teknik-teknik dasar tersebut antara lain melempar dan menangkap bola, memukul bola, dan berlari dengan cara yang benar
1. Lempar-tangkap Bola
    Kemampuan lempar-tangkap bola harus kalian kuasai dengan baik. Mulailah latihan lempar-tangkap bola dengan pelan. Lemparkan bola dari bawah ke atas, sehingga bola melambung pelan. Setelah beberapa kali, lakukan lemparan yang lebih kuat. Lemparlah bola secara besar lengan berkuasa dengan arah mendatar atau melambung.
Caranya, peganglah bola pada posisi di samping telinga. Lalu, tariklah bola ke belakang dan lemparkan
dengan kuat. Ada tiga macam cara melempar bola, yaitu lemparan datar, lambung, dan menyusur tanah.
Cara menangkap bola juga harus kalian lakukan dengan benar. Salah satu cara yaitu dengan posisi kedua tangan menyongsong bola. Saat bola datang, buka lebar kedua telapak tangan untuk menangkap bola.
2. Memukul Bola
    Memukul bola merupakan keterampilan yang wajib dimiliki semua pemain. Cara memukul bola yaitu
dengan mengayunkan alat pemukul ke arah datangnya bola. Kalian harus sanggup memukul bola yang diumpankan oleh pemain lawan. Pukulan harus besar lengan berkuasa dan sempurna mengenai bola.
Awali latihan memukul bola secara bertahap. Mula-mula, pukullah bola dengan pelan. Setelah beberapa
kali, tingkatkan kekuatan pukulan.
3. Lari
    Dalam permainan kasti, ada dua cara berlari yang perlu kalian kuasai. Pertama, berlari lurus dengan cepat. Kedua, berlari zig-zag atau berbelok-belok. (bse penjasorkes Margono & Budi Aryanto)

Advertisement
Advertisement


EmoticonEmoticon