Nih Persiapan Sebelum Berkemah Dan Manfaat Berkemah

Share:
       Berkemah adalah satu rangkaian acara yang mengasyikkan. Terdapat banyak acara dalam berkemah. Salah satunya, akan berguru menginap di alam terbuka. Namun, tidak berarti tidur tanpa atap.
Kita sanggup menginap di dalam tenda atau kemah. Berkemah untuk anak sekolah biasanya dilakukan di
bumi perkemahan (buper). Bumi perkemahan ialah suatu tempat untuk melaksanakan acara perkemahan.
Daerah ini terdiri atas lapangan yang luas, sebagai tempat untuk mendirikan tenda. Ada juga sarana air bersih
dan tempat beribadah di tempat ini.

1.Persiapan Berkemah
       Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan ketika akan berkemah. Persiapan dilakukan semoga acara berkemah sanggup berjalan dengan baik. Dengan demikian, kalian sanggup berkemah dengan aman, nyaman, dan bermanfaat.
Persiapan-persiapan yang diharapkan antara lain:
• Tenda dan segala perlengkapannya (tongkat, tali, dan pasak).
• Perlengkapan memasak (kompor, panci, dan wajan.
• Perlengkapan makan dan minum (piring, gelas, sendok, dan serbet).
• Pakaian ganti secukupnya (baju, kaos, celana, pakaian dalam, dan handuk).
• Perlengkapan mandi (sabun, sampo, sikat gigi, dan pasta gigi).
• Obat-obatan seperlunya (perban, plester, balsem, minyak kayu putih, obat luka, dan obat sakit kepala).
adalah satu rangkaian acara yang mengasyikkan Nih Persiapan Sebelum Berkemah dan Manfaat Berkemah(sebagian perlengkapan berkemah)
       Setelah semua perlengkapan dipersiapkan, kita telah siap untuk berkemah. Pada hari pertama, harus mendirikan tenda. Tenda didirikan sebelum malam hari tiba. Karena, pada malam hari kita memerlukannya untuk tidur. Peserta wanita dan pria dihentikan berada dalam satu tenda. Jadi, paling sedikit ada dua buah tenda yang harus didirikan.
       Sebelum digunakan, bab dalam tenda harus dilengkapi tikar atau matras. Setelah itu, segala perlengkapan berkemah sanggup dimasukkan ke dalam tenda. Tatalah perlengkapan secara rapi di dalam tenda. Siapkan pula tempat sampah, letakkan di luar tenda. Buatlah parit kecil mengelilingi tenda. Parit berkhasiat mengalirkan air ketika terjadi hujan. Dengan begitu, tenda kalian akan terhindar dari banjir. Terakhir, jangan lupa siapkan alat penerangan untuk acara di malam hari. Misalnya, lilin, senter, lampu teplok, dan obor.

2.Manfaat Berkemah
       Berkemah mempunyai banyak manfaat. Kita sanggup berguru banyak dari berkemah. Manfaat dari berkemah antara lain:
• Memupuk semangat kolaborasi dan kebersamaan. Artinya, setiap pekerjaan kelompok harus diselesaikan bantu-membantu dengan penuh semangat.
• Melatih kemandirian. Kalian harus bisa menuntaskan tugastugas yang berkaitan dengan diri sendiri. Misalnya, kalian bisa memasak makanan dan mencuci piring serta gelas sendiri. Mencuci dan menyiapkan pakaian juga dilakukan sendiri.
• Menumbuhkan rasa keberanian. Banyak jenis acara dalam berkemah yang menuntut keberanian untuk melakukannya.
• Menumbuhkan rasa cinta terhadap alam. Berkemah sanggup meningkatkan kesadaran kalian akan keindahan dan pentingnya alam. Alam yang terpelihara dengan baik sangat bermanfaat bagi manusia.
(bse penjasorkes Margono & Budi Aryanto)
Advertisement
Advertisement


EmoticonEmoticon