Nih Pengertian Dan Kiprah Tosser/Set-Uper, Smasher, Universaler, Libero Dalam Permainan Voli

Share:
a. Tosser/Set-uper
       Tugas tosser/set-uper adalah sebagai pengatur serangan sekaligus sebagai pengumpan. Sesuai dengan tugasnya sebagai pengatur serangan, seorang set-uper harus memiliki keterampilan passing atas dan passing bawah yang bagus sehingga bola-bola yang diumpankan kepada smasher dapat
dipukul dengan baik. Set-uper mengumpan bola ke depan atau ke belakang badannya serta berdasarkan arah bola dengan
net terdiri dari sejajar, vertikal, atau diagonal. Posisi set-uper selalu di depan (tukar posisi apabila bola servis telah menyeberangi net). Pada saat-saat tertentu beliau berfungsi sebagai penahan serangan lawan (blocking), dan di dikala lain bisa sebagai pemukul bola tanggung dari lawan. Seorang set-uper juga harus mempunyai keterampilan membendung dan keterampilan memukul (smash). Dia harus cendekia mencari peluang. Apabila lawan lengah, bola sanggup eksklusif didorong ke lapangan lawan yang kosong untuk mendapat poin.
b. Smasher
       Tugas smasher adalah sebagai penyerang maka keterampilan utama yang harus dimiliki, yaitu kemampuan memukul dengan banyak sekali macam variasi. Posisi smasher selalu di depan (posisi 2 dan 4) sehingga sekaligus sebagai blocker atau pembendung serangan lawan. Untuk sanggup melaksanakan tugasnya dengan baik, seorang smasher harus memperhatikan halhal berikut ini.
1) Langkah awalan untuk meloncat tidak terlalu lebar sehingga tidak mengurangi kekuatan kaki dalam menolak.
2) Tidak tergesa-gesa melangkah maju sebelum bola diumpan (agar tidak melompat di bawah bola).
3) Tidak meloncat di bawah bola sehingga pukulan dapat dilakukan dengan kekuatan penuh.
4) Meloncat dengan tekukan lutut yang sempurna (tahap terakhir dari awalan) semoga ketinggian lompatan sanggup maksimal.
5) Memukul bola dengan lengan lurus, telapak tangan terbuka, dan pergelangan tangan aktif (lentur).
6) Mendarat dengan kedua kaki dan menjaga keseimbangan badan.
c. Universaler
       Universaler adalah pemain serba guna, bisa sebagai pengumpan, bisa sebagai penyerang, dan juga bisa sebagai pemain bertahan. Seorang pemain universaler dapat bekerja dengan baik di mana pun posisinya. Saat berada di tempat belakang, beliau sanggup mengambil bola dengan baik sehingga pengumpan sanggup meneruskan bola kepada smasher dengan baik pula. Saat posisinya di depan ia sanggup melaksanakan smash dan membendung serangan lawan dengan melaksanakan blocking.
d. Libero
       Libero adalah pemain yang posisinya selalu di belakang sebagai pemain pertahanan. Ia dihentikan melaksanakan servis dan smash. Tugasnya, yaitu mengambil bola yang berasal dari lawan dengan passing atas ataupun passing bawah. Oleh alasannya yakni itu, penguasaan teknik passing harus betul-betul
matang. Seorang pemain libero dalam permainan bola voli tidak perlu mempunyai kemampuan memukul bola (smash) dan
membendung (block). Kemampuan yang diharapkan adalah cendekia membaca arah bola yang berasal dari lawan dan mengantisipasi gerak tipu yang dilakukan oleh lawan.
Formasi/susunan pemain bola voli yakni sebagai berikut.
Posisi 1 : server (pemain yang akan melaksanakan servis).
Posisi 2 : smasher (penyerang kanan).
Posisi 3 : set uper (pemberi umpan).
Posisi 4 : smasher (penyerang kiri).
Posisi 5 dan 6 : pemain pengambil bola/ pertahanan.
Advertisement
Advertisement


EmoticonEmoticon