Nih Cabang-Cabang Geografi (Geografi Fisik, Manusia, & Teknik)

Share:
Berdasarkan bidang kajiannya, geografi terbagi atas tiga cabang ilmu, yaitu sebagai berikut. 

2. Geografi Manusia
       Geografi insan mempelajari insan dalam ruang termasuk di dalamnya jumlah penduduk, penyebaran penduduk, dinamika penduduk, kegiatan ekonomi, politik, sosial, dan budayanya. Cabang geografi manusia, di antaranya sebagai berikut.
1) Ilmu Ekonomi dan Geografi Ekonomi
    Ekonomi ialah ilmu pengetahuan yang mempelajari usaha-usaha insan untuk mencapai kemakmuran, gejala-gejalanya, dan hubungan timbal balik dari perjuangan tersebut.
    Adapun Geografi Ekonomi membahas bagaimana perjuangan manusia mengeksploitasi sumber daya alam, menghasil kan barang dagangan, pola lokasi, dan persebaran dari suatu kegiatan industri.
2) Ilmu Politik dan Geografi Politik
    Politik ialah kegiatan pada suatu negara yang berafiliasi dengan proses memilih tujuan-tujuan yang telah dipilih suatu negara dalam rangka menggapai tujuan yang akan dicapai oleh negara tersebut. Adapun Geografi politik mempelajari unit-unit politik, wilayah , perbatasan, serta ibu kota suatu region dengan unsur-unsur kekuatan nasional dan politik internasional.
3) Demografi dan Geografi Penduduk
    Demografi ialah ilmu yang mempelajari keadaan dan dinamika perubahan-perubahan penduduk. Adapun Geografi Penduduk ialah cabang disiplin ilmu geografi yang mengemukakan variasi-variasi kualitas ruang dalam demografi dan nondemografi dari penduduk. Selain itu, Geografi Penduduk mempelajari konsekuensi-konsekuensi sosial dan ekonomi yang berasal dari rangkaian interaksi dengan suatu rangkaian khusus dari kondisi-kondisi yang terdapat di dalamnya diberikan oleh unit atau suatu daerah.
 
3.Geografi Teknik
       Geografi Teknik mempelajari cara-cara memvisualisasikan dan menganalisis data dan informasi geografis dalam bentuk peta, diagram, foto udara, dan gambaran hasil penginderaan jauh. Cabang ilmu Geografi Teknik yaitu sebagai berikut.
1) Kartografi, ialah ilmu dan seni menciptakan peta. Peta dibentuk dengan memakai hasil-hasil pengukuran dan pengumpulan data dari banyak sekali unsur dipermukaan bumi yang telah dilakukan oleh surveyor, geograf, dan kartograf.
2) Penginderaan Jauh, ialah ilmu dan seni yang menghasilkan informasi mengenai objek, daerah, atau gejala. Dilakukan dengan menganalisis data yang diperoleh memakai alat. Tanpa adanya kontak eksklusif terhadap objek, daerah, atau tanda-tanda yang dikaji.
3) Sistem Informasi Geografis, ialah sistem informasi berbasis komputer dimana sanggup menyimpan, mengelola, memproses, menganalisis data geografis maupun nongeografis, serta menyediakan informasi dan grafis secara terpadu.
Advertisement
Advertisement


EmoticonEmoticon