Nih Persiapan Pertunjukan Tari (Karya Tari & Daerah Pertunjukan Tari)

Share:
Mempertunjukkan hasil karya merupakan suatu pujian tersendiri bagi seseorang yang gemar berkarya. Dengan memperlihatkan hasil karya, berarti orang tersebut berani memperlihatkan kemampuannya. Menunjukkan hasil karya berarti juga menawarkan peluang kepada orang lain untuk mengapresiasi karya seni, bahkan mungkin sanggup menawarkan wawasan yang lebih luas kepada orang lain. Tahukah kamu, apa saja yang perlu dipersiapkan dalam mempertunjukkan karya seni tari? Persiapan itu, di antaranya, mencakup hal-hal berikut.
1. Karya Tari
       Karya tari merupakan karya seni yang bentuk utamanya berupa gerak yang indah dari badan manusia. Selain gerak, dalam karya tari juga ada unsur pendukung yang lain, menyerupai musik iringan, busana, tata rias, dan alat untuk melaksanakan gerak tari. Gerak dan unsur pendukung tersebut perlu dipersiapkan sebelum dipertunjukkan di depan orang lain.
2. Tempat Pertunjukan
       Jika akan mempertunjukkan suatu karya untuk ditonton orang lain, kita memerlukan daerah pertunjukan. Banyak daerah yang sanggup dipakai untuk mempertunjukkan karya tari. Tempat tersebut sanggup berupa panggung, pendapa, arena pertunjukan, atau tanah lapang. Hal terpenting dari sebuah daerah pertunjukan karya tari, yakni adanya pembatas antara penyaji dan penonton.
Mempertunjukkan hasil karya merupakan suatu pujian tersendiri bagi seseorang yang gema Nih Persiapan Pertunjukan Tari (Karya Tari & Tempat Pertunjukan Tari)
        Pertunjukan karya tari perlu dipersiapkan biar ada kesesuaian antarunsur, mengingat karya tari merupakan karya seni yang kompleks. Jika unsur yang satu dengan yang lain sesuai, pertunjukan karya tari sanggup berhasil dengan baik. Selain itu, baik penyaji maupun penonton akan merasa puas.
Kesesuaian yang harus dipersiapkan dalam pertunjukan karya tari, di antaranya, sebagai berikut.
1. Kesesuaian gerak tari dengan tema tari.
2. Kesesuaian antara rangkaian gerak satu dengan gerak berikutnya.
3. Kesesuaian gerak dengan musik yang mengiringinya.
4. Kesesuaian busana tari dengan tema dan gerak tari.
5. Kesesuaian gerak tari dengan daerah pertunjukan.
6. Kesesuaian gerak tari dengan bentuk tumpuan lantainya.
       Agar kesesuaian-kesesuaian menyerupai di atas tercipta, perlu adanya latihan.
Latihan yang dibutuhkan terutama latihan memperagakan gerak tari, latihan memperagakan gerak tari yang sesuai dengan iringannya, dan latihan tumpuan lantai gerak tari di daerah pertunjukan. (Seni Tari Ari Subekti)
       Dalam mempertunjukkan karya tari, kita sanggup mempertunjukkan karya tari yang kita buat sendiri maupun karya tari orang lain. Apa bedanya mempertunjukkan karya tari karya sendiri dengan mempertunjukkan karya tari orang lain? Mempertunjukkan karya tari apa pun intinya sama. Namun, jikalau kita diharuskan memperagakan karya orang lain, ada beberapa hal yang harus dilakukan sebagai berikut.
1. Mengetahui dan memahami tema karya tari.
2. Memahami, menirukan, dan menghafalkan gerak tari satu per satu.
3. Banyak bertanya kepada penata tari mengenai karya tari, baik unsur utama maupun unsur pendukungnya.
Advertisement
Advertisement


EmoticonEmoticon