Surat lamaran pekerjaan yakni surat yang dibentuk dan dikirimkan seseorang yang ingin bekerja pada kantor, perusahaan, ataupun instansi tertentu. Surat lamaran pekerjaan termasuk surat resmi. Oleh sebab itu, terdapat aturan-aturan tertentu yang harus diperhatikan dalam penulisannya. Surat lamaran pekerjaan sanggup ditulis tangan ataupun diketik.
Adakalanya, suatu perusahaan atau instansi tertentu mensyaratkan secara khusus biar surat lamaran yang dikirimkan calon pelamar ditulis tangan atau diketik. Jika surat lamaran ditulis tangan, goresan pena tersebut hendaknya jelas, gampang dibaca, rapi, dan indah. Dengan demikian, akan memudahkan orang lain membaca.
Bagian-bagian surat lamaran pekerjaan menyerupai berikut.
1. Tempat, tanggal pembuatan surat
2. Jumlah berkas
3. Maksud surat
4. Alamat surat
5. Salam pembuka
6. Pembuka surat
7. Identitas
8. Pernyataan mengajukan lamaran
9. Isi
10. Kualifikasi pelamar
11. Penutup surat
12. Salam penutup
13. Tanda tangan dan nama pelamar
Selain itu, bahasa surat lamaran pekerjaan harus memenuhi aturan sebagai berikut.
1. Bahasa yang dipakai sopan dan simpatik.
2. Kalimat yang dipakai efektif dan komunikatif.
3. Menggunakan bahasa yang baku dan ejaan yang tepat.
Surat lamaran pekerjaan sanggup dibentuk sesudah calon pelamar menerima informasi adanya lowongan pekerjaan di perusahaan atau instansi tertentu. Informasi itu sanggup diperoleh melalui media massa atau media audio visual. Selain itu, ada juga surat lamaran pekerjaan yang dibentuk atas inisiatif pelamar sendiri.
Contoh surat lamaran pekerjaan 1
Lampiran : 5 Eksemplar
Yth. Pimpinan Koperasi Astra Internasional
Jalan Anjasmoro 16, Lt. 13
Jakarta Pusat
Dengan hormat,
Berdasarkan iklan yang dimuat di harian Samarinda Post, tanggal 10 Agustus 2007, Koperasi Astra Internasional membutuhkan karyawan administrasi. Sesuai dengan jenis lowongan tersebut, dengan ini saya yang beridentitas
nama : Hendra Prasetya,
daerah dan tanggal lahir : Samarinda, 21 April 1987,
pendidikan terakhir : Sekolah Menengah kejuruan Karya Pembangunan, Jurusan Administrasi Perkantoran,
alamat : Jalan Anggrek 33, Samarinda, Telepon (0541) 881090.
Bermaksud mengajukan permohonan untuk menjadi karyawan manajemen di Koperasi Astra Internasional.
Sesuai dengan persyaratan yang telah disebutkan, saya memiliki kualifikasi yang cukup memadai untuk melaksanakan pekerjaan di bidang perkantoran. Oleh sebab itu, bersama ini saya lampirkan beberapa berkas yang menunjukkan kualifikasi saya yang sanggup dipakai sebagai materi pertimbangan.
1. Fotokopi ijazah dan piagam penghargaan.
2. Surat keterangan berkelakuan baik dari kepolisian.
3. Fotokopi ijazah komputer Ms Office.
4. Daftar riwayat hidup.
Atas pertimbangan dan perhatian Bapak/Ibu terhadap surat lamaran ini, saya mengucapkan terima kasih.
Adakalanya, suatu perusahaan atau instansi tertentu mensyaratkan secara khusus biar surat lamaran yang dikirimkan calon pelamar ditulis tangan atau diketik. Jika surat lamaran ditulis tangan, goresan pena tersebut hendaknya jelas, gampang dibaca, rapi, dan indah. Dengan demikian, akan memudahkan orang lain membaca.
Bagian-bagian surat lamaran pekerjaan menyerupai berikut.
1. Tempat, tanggal pembuatan surat
2. Jumlah berkas
3. Maksud surat
4. Alamat surat
5. Salam pembuka
6. Pembuka surat
7. Identitas
8. Pernyataan mengajukan lamaran
9. Isi
10. Kualifikasi pelamar
11. Penutup surat
12. Salam penutup
13. Tanda tangan dan nama pelamar
Selain itu, bahasa surat lamaran pekerjaan harus memenuhi aturan sebagai berikut.
1. Bahasa yang dipakai sopan dan simpatik.
2. Kalimat yang dipakai efektif dan komunikatif.
3. Menggunakan bahasa yang baku dan ejaan yang tepat.
Surat lamaran pekerjaan sanggup dibentuk sesudah calon pelamar menerima informasi adanya lowongan pekerjaan di perusahaan atau instansi tertentu. Informasi itu sanggup diperoleh melalui media massa atau media audio visual. Selain itu, ada juga surat lamaran pekerjaan yang dibentuk atas inisiatif pelamar sendiri.
Contoh surat lamaran pekerjaan 1
Samarinda, 12 Agustus 2007
Perihal : Permohonan menjadi karyawanLampiran : 5 Eksemplar
Yth. Pimpinan Koperasi Astra Internasional
Jalan Anjasmoro 16, Lt. 13
Jakarta Pusat
Dengan hormat,
Berdasarkan iklan yang dimuat di harian Samarinda Post, tanggal 10 Agustus 2007, Koperasi Astra Internasional membutuhkan karyawan administrasi. Sesuai dengan jenis lowongan tersebut, dengan ini saya yang beridentitas
nama : Hendra Prasetya,
daerah dan tanggal lahir : Samarinda, 21 April 1987,
pendidikan terakhir : Sekolah Menengah kejuruan Karya Pembangunan, Jurusan Administrasi Perkantoran,
alamat : Jalan Anggrek 33, Samarinda, Telepon (0541) 881090.
Bermaksud mengajukan permohonan untuk menjadi karyawan manajemen di Koperasi Astra Internasional.
Sesuai dengan persyaratan yang telah disebutkan, saya memiliki kualifikasi yang cukup memadai untuk melaksanakan pekerjaan di bidang perkantoran. Oleh sebab itu, bersama ini saya lampirkan beberapa berkas yang menunjukkan kualifikasi saya yang sanggup dipakai sebagai materi pertimbangan.
1. Fotokopi ijazah dan piagam penghargaan.
2. Surat keterangan berkelakuan baik dari kepolisian.
3. Fotokopi ijazah komputer Ms Office.
4. Daftar riwayat hidup.
Atas pertimbangan dan perhatian Bapak/Ibu terhadap surat lamaran ini, saya mengucapkan terima kasih.
Hormat saya,
Hendra Prasetya
Contoh surat lamaran pekerjaan 2
Advertisement
Baca juga:
Advertisement
EmoticonEmoticon