Nih Abjad Qalqalah (Contoh Qalqalah Sugra Dan Kubra | Cara Penerapan Qalqalah)

Share:

Qalqalah berasal dari bahasa Arab. Secara bahasa qalqalah sanggup diartikan pantulan suara. Dalam ilmu tajwid qalqalah berarti pantulan bunyi dari salah satu abjad qalqalah.
Huruf qalqalah ada lima, yaitu:
1. ب (Ba')
2. ج (Jim)
3. د (Dal)
4. ط (Tha)
5. ق (Qaf)
Bacaan qalqalah terjadi jikalau salah satu abjad qalqalah berharakat sukun. Cara membacanya dengan dipantulkan abjad qalqalah tersebut.
    Hukum bacaan qalqalah terdiri atas dua jenis, yaitu qalqalah sugra dan qalqalah kubra. Perhatikan bagan berikut untuk mengetahui perbedaan antara keduanya.
Berdasarkan bagan di depan sanggup disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara qalqalah sugra dengan qalqalah kubra.
Perbedaan tersebut sebagai berikut.
1. Bacaan Qalqalah Sugra
    Bacaan qalqalah sugra terjadi jikalau salah satu dari lima abjad qalqalah berharakat sukun dan bertempat di tengah kata. Cara membaca bacaan qalqalah sugra dipantulkan dengan ringan atau tipis. (As’ad Humam. 1995: halaman 52)
Contoh Qalqalah Sugra:
 Secara bahasa qalqalah sanggup diartikan pantulan bunyi Nih Huruf Qalqalah (Contoh Qalqalah Sugra dan Kubra | Cara Penerapan Qalqalah)
Huruf ج ب ط yang ada pada tumpuan di atas dibaca memantul dengan ringan atau tipis.

2. Bacaan Qalqalah Kubra
    Bacaan qalqalah kubra- terjadi jikalau salah satu dari lima abjad qalqalah berharakat sukun pada simpulan kata dan dibaca mati/sukun. Cara membacanya yaitu dipantulkan dengan berat atau tebal.
Contoh Qalqalah Kubra:
 Secara bahasa qalqalah sanggup diartikan pantulan bunyi Nih Huruf Qalqalah (Contoh Qalqalah Sugra dan Kubra | Cara Penerapan Qalqalah)
Huruf qalqalah د dan ق yang ada pada tumpuan di atas dibaca memantul dengan tebal atau berat.

Cara Penerapan Bacaan Qalqalah
    Kita telah mempelajari ihwal bacaan qalqalah. Pengetahuan tersebut tidak akan bermanfaat jikalau tidak diterapkan. Kita akan gampang lupa dengan ilmu yang dipelajari jikalau tidak diamalkan dalam kehidupan. Oleh sebab itu, pengetahuan kita ihwal bacaan qalqalah harus kita terapkan dikala membaca Al-Qur’an.
Ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan jikalau membaca ayat Al-Qur’an dan bertemu dengan bacaan qalqalah. Perhatikan dengan saksama abjad qalqalah yang kita temui apakah qalqalah kubra atau qalqalah sugra. Jika qalqalah sugra, kita harus membacanya memantul dengan tipis atau ringan. Sebaliknya, jikalau qalqalah kubra yang ditemui, kita harus membacanya memantul dengan tebal atau berat.
    Untuk mengetahui kemampuan kita membedakan kedua jenis qalqalah tersebut, mari kita Surah al-Balad [90] yang mengandung aturan bacaan qalqalah berikut ini:
 Secara bahasa qalqalah sanggup diartikan pantulan bunyi Nih Huruf Qalqalah (Contoh Qalqalah Sugra dan Kubra | Cara Penerapan Qalqalah)
hukum bacaan mad dan waqaf, biar bermanfaat :)
Advertisement
Advertisement


EmoticonEmoticon