Nih Cara Merancang Batik Dan Menciptakan Teladan Batik

Share:
       Batik merupakan gambar hiasan yang dibuat di atas kain yang teknik pengerjaannya melalui proses penutupan dengan materi lilin dan memakai alat canting. Menggambar atau melukis dengan materi lilin yang dipanaskan dengan memakai alat canting inilah yang disebut membatik. Hasil membatik ini disebut batik tulis. Gambar hiasan pada batik sanggup berupa contoh ragam hias, lukisan
dekoratif, atau ekspresif.
       Teknik pembuatan batik tulis semakin berkembang dari waktu ke waktu. Perkembangan dalam teknik batik telah mempercepat proses pembuatan kain batik. Caranya, yaitu dengan memakai teknik cap. Teknik ini memakai alat cap yang terbuat dari materi tembaga yang dibuat menjadi motif hias tertentu. Namun batik yang diciptakan dengan teknik tulis tetap lebih unggul dan berkualitas daripada teknik cap. Ada juga kain batik yang dikerjakan melalui teknik printing. Cara ini lebih mudah dan cepat sebab dilakukan dengan memanfaatkan teknologi digital.
       Sekarang ini banyak daerah-daerah di tanah air yang sudah berbagi industri kain batik dengan kekhasannya sendiri, baik dari segi motif, komposisi penyusunan warna, bahkan teknis pembuatannya. Kain batik pun ketika ini tidak hanya digunakan sebatas sebagai busana, tetapi juga
telah digunakan untuk komplemen interior, produk cinderamata, bahkan kau juga sanggup memakai batik sebagai media berekspresi, contohnya dengan menciptakan lukisan batik.
1. Pola hias seni batik
       Ragam hias batik di setiap tempat di Nusantara beraneka ragam. Ada beberapa bentuk motif dalam desain ragam hias batik, yaitu motif bidang (geometrik dan organik), motif flora, fauna dan manusia, motif garis, dan motif benda.
       Motif-motif tersebut sanggup tampil sendirian dan sanggup berupa adonan atau perpaduan motif satu dengan lainnya. Motif bidang sanggup berupa bidang geometrik, bidang organik, atau adonan antara keduanya. Motif flora, fauna, dan manusia umumnya ditampilkan dalam bentuk stilasi dan dekoratif. Motif garis pada batik, contohnya motif garis berbentuk swastika, tumpal, dan garis lingkaran, yang tampil secara lebih banyak didominasi bahkan sendirian. Motif alam dan benda, contohnya berupa perahu, rumah, gapura, guci, dan lain-lain. Salah satu motif yang terkenal ialah motif bendo yang berbentuk pilin berganda. Motif ini banyak terdapat pada ragam hias batik di Jawa.
       Motif batik yang dibuat oleh para pengrajin sangat beragam, tergantung kebutuhan. Ada motif yang diwariskan secara turun-temurun. Pembuatan kain batik untuk busana tradisional atau busana adat, menyerupai jarit (kebaya), ikat kepala, selendang, dan perangkat busana tabiat lainnya, tetap memakai motif-motif tradisional. Sedangkan kain batik untuk busana, taplak meja, sprei, dan benda-benda kerajinan, motif yang diciptakan umumnya merupakan pengembangan dari corak-corak tradisional.

2. Membuat contoh batik
       Pembuatan contoh batik dilakukan sebelum proses membatik. Tahap awal dari pembuatan contoh hias ialah menentukan inspirasi atau menentukan motif yang dikehendaki. Kain yang akan digunakan sebaiknya disetrika dulu sebelum permukaannya diberi gambar pola. Permukaan kain yang halus dan rata akan memudahkan pembuatan contoh dan proses pemalamannya.
       Pembuatan desain dilakukan sebelum menggambar contoh di atas kain. Desain dibuat di atas kertas lengkap dengan pewarnaannya. Lukisan batik yang kita buat diubahsuaikan dengan desain motif tersebut.
Pembuatan contoh di atas kain sanggup dilakukan dengan dua cara sebagai berikut.
a. Membuat contoh dengan proteksi garis
       Membuat contoh dengan proteksi garis ialah menciptakan contoh dengan terlebih dulu menciptakan garis-garis horizontal maupun vertikal menyesuaikan motif contoh yang kita buat. Garis yang dibuat sanggup berupa garis lurus maupun lengkung, sebab yang terpenting ialah untuk memudahkan dalam pembuatan contoh hias.
 merupakan gambar hiasan yang dibuat di atas kain yang teknik pengerjaannya melalui proses Nih Cara Merancang Batik dan Membuat Pola Batik                                 merupakan gambar hiasan yang dibuat di atas kain yang teknik pengerjaannya melalui proses Nih Cara Merancang Batik dan Membuat Pola Batik
a) Membuat garis proteksi memakai pensil.        b) Membuat contoh dengan proteksi garis.
b. Membuat contoh dengan menggandakan (mal)
       Membuat contoh dengan mal ini lebih sering digunakan sebab lebih cepat dan mudah dalam pengerjaannya. Untuk menjiplak, terlebih dulu dibuatkan contoh hias pada kertas. Pola dibuat sesuai dengan ukuran yang bahu-membahu menyerupai yang akan tergambar pada kain. Kain kemudian diletakkan di atas kertas tersebut. Gambar motif pada kertas akan terlihat menembus kain. Kita tinggal menjiplaknya
dengan memakai pensil. Pensil yang digunakan sebaiknya mempunyai ukuran ketebalan yang
cukup, contohnya jenis pensil 3B atau 4B.
 merupakan gambar hiasan yang dibuat di atas kain yang teknik pengerjaannya melalui proses Nih Cara Merancang Batik dan Membuat Pola Batik                              merupakan gambar hiasan yang dibuat di atas kain yang teknik pengerjaannya melalui proses Nih Cara Merancang Batik dan Membuat Pola Batik
a) Membuat contoh di atas kertas.   b) Membuat contoh di atas kain dengan menggandakan contoh pada kertas.
Advertisement
Advertisement


EmoticonEmoticon