Nih Cara Menyusun Pertanyaan Wawancara Dengan Baik Dan Etika Dalam Berwawancara

Share:
       Wawancara merupakan salah satu cara (metode) untuk mendapat data (informasi). Oleh alasannya yaitu itu, narasumber yang diwawancarai harus orang yang menguasai isu sesuai dengan topik yang ditentukan. Selain itu, pewawancara harus melaksanakan persiapan yang matang. Salah satu persiapan yang sangat penting yaitu menciptakan daftar pertanyaan yang akan diajukan kepada narasumber.
Agar sanggup menyusun daftar pertanyaan dengan baik, perhatikan hal-hal berikut ini:
a. Menentukan Topik Pembicaraan
   Pilihlah topik yang aktual, yaitu problem yang sedang hangat dibicarakan oleh masyarakat dan menyangkut kepentingan orang banyak. Hindarkan topik wawancara yang sanggup menyinggung perasaan seseorang (kelompok).
b. Memilih Narasumber
   Pilihlah narasumber yang mempunyai data (informasi) atau keahlian sesuai dengan topik wawancara.
c. Menentukan Informasi yang Dibutuhkan
   Informasi yang diperlukan dalam wawancara sanggup ditentukan dengan rumus 5W + 1H, yakni, What (apa), Who (siapa), Where (di mana), When (kapan), Why (mengapa), dan How (bagaimana). Susunlah pertanyaan dengan memakai kata tanya tersebut!
d. Mengurutkan Pertanyaan
   Pertanyaan diurutkan menurut pertimbangan tertentu, misalnya, dari problem yang gampang ke problem yang lebih sulit, dari problem yang kurang penting ke problem yang penting, dan sebagainya.
 

Etika Dalam Berwawancara
       Agar sanggup memperoleh isu yang dibutuhkan, seorang pewawancara harus memaham budbahasa (tata krama) dalam berwawancara. Etika berwawancara tercermin pada penggunaan bahasa dan perilaku yang ditunjukkan kepada narasumber.
Hal-hal yang perlu dilakukan dan diperhatikan dalam berwawancara, antara lain sebagai berikut.
a. Buatlah kesepakatan terlebih dahulu dengan narasumber dan tepatilah! Datanglah lebih awal di tempat yang telah disepakati atau ditentukan! Jangan hingga narasumber menunggu kita! 

b. Sebelum mulai wawancara, ucapkanlah salam dan terima kasih atas kesediaan narasumber untuk memperlihatkan informasi!
c. Sampaikan pertanyaan yang telah kau susun dengan urut secara sopan! Usahakan kamu tidak memotong percakapan narasumber ketika beliau sedang memperlihatkan keterangan!
d. Setelah wawancara selesai, sampaikan ucapan terima kasih lagi! Selanjutnya, berpamitlah dengan baik dan memperlihatkan salam!
Advertisement
Advertisement


EmoticonEmoticon