Nih Teknik-Teknik Dalam Membaca (Skimming, Scanning, Selecting, Skipping)

Share:
       Kegiatan membaca merupakan suatu keterampilan. Dengan membaca, kita bisa mendapat banyak informasi dari banyak sekali media. Kemampuan membaca setiap orang berbeda. Hal yang perlu kita lakukan ialah meningkatkan kemampuan membaca, khususnya membaca secara cepat dan efektif. Artinya, kita membaca secara cepat dan dapat memahami apa yang kita baca. Kemampuan ibarat ini sanggup dikuasai dengan melatih Kecepatan Efektif Membaca (KEM). 
Berikut ini ialah teknik membaca untuk mengembangkan Kecepatan Efektif Membaca (KEM).
a. Skimming Adalah membaca teks secara cepat, menyeluruh untuk memperoleh citra umum, bab penting, dan menyegarkan ingatan akan apa yang pernah kita baca.
b. Scanning Adalah membaca cepat, tetapi teliti. Teknik ini bertujuan memperoleh fakta atau informasi tertentu, contohnya katakata tertentu dalam kamus atau nomor telepon.
c. Selecting Adalah menentukan teks dan bab teks yang dibaca menurut kebutuhan. Teknik ini dilakukan sebelum acara membaca, contohnya ketika membaca judul-judul isu di surat kabar.
d. Skipping Adalah acara membaca yang mengabaikan atau melompati bab yang tidak diharapkan atau bagian yang sudah dimengerti. 

 Kegiatan membaca merupakan suatu keterampilan Nih Teknik-Teknik Dalam Membaca (SKIMMING, SCANNING, SELECTING, SKIPPING) 
        Setelah mengetahui beberapa teknik membaca, kamu sanggup menghitung sendiri KEM dengan rumus sebagai berikut.  Jumlah kata dalam teks / Waktu baca per menit X … % pemahaman = … kpm (kata per menit). Contoh: Jumlah kata dalam teks: 300, waktu baca: 2 menit, persentase pemahaman 70% (angka 70% ini merupakan angka untuk pemahaman minimal). Maka, KEM = 300 : 2 X 70% = 105 kpm
Advertisement
Advertisement


EmoticonEmoticon