Nih Shalat Sunnah Rawatib (Pengertian, Hukum, Waktu Pelaksanaan, Cara Mengerjakan, Jumlah Rekaat Shalat Rawatib)

Share:
1. Pengertian Shalat Sunah Rawatib
     Shalat sunah rawatib yaitu shalat sunah yang waktu pelaksanaannya beriringan dengan shalat fardu (Sulaiman Rasyid. 1996: halaman 144). Ketentuan pelaksanaan shalat sunah rawatib disabdakan oleh Rasulullah saw. melalui hadis dari Ibnu Umar yang artinya, ”Saya memperoleh pelajaran shalat dari Nabi Muhammad saw. sebanyak sepuluh rakaat, yaitu dua rakaat sebelum Zuhur, dua rakaat sesudahnya, dua rakaat setelah Magrib, dua rakaat setelah Isya, dan dua rakaat sebelum Subuh.” (H.R. Bukhari dan Muslim).
    Hadis tersebut tidak hanya menjelaskan wacana perincian shalat sunah rawatib, tetapi merupakan dasar pensyariatan shalat tersebut. Nabi Muhammad menganjurkan kepada umat Islam biar menjalankan ibadah sunah ini.


2. Ketentuan Shalat Sunah Rawatib
     Hukum shalat rawatib ialah sunah. Dengan demikian, kalau kita mengerjakan ibadah ini mendapat pahala, tetapi kalau kita tinggalkan tidak berdosa. Shalat sunah rawatib dimaksudkan
sebagai komplemen atau penyempurna shalat fardu. Oleh alasannya ialah hanya sebagai pelengkap, kita tidak diharuskan melaksanakan.
     Jika kau sedang melakukan shalat sunah rawatib di masjid dan pada ketika yang sama iqamah shalat fardu dikumandangkan, kau sebaiknya menghentikan shalat sunah itu dan mengikuti shalat fardu. Kita harus mendahulukan shalat fardu dibandingkan shalat sunah.
Shalat sunah rawatib sanggup kita lihat dari banyak sekali segi, antara lain:
a. Waktu Pelaksanaannya
     Dari segi waktu pelaksanaannya, shalat sunah rawatib sanggup kita bagi menjadi dua, yaitu qabliyah dan ba‘diyah. Shalat sunah rawatib qabliyah dilaksanakan sebelum shalat fardu, sedangkan shalat sunah rawatib ba‘diyah dilaksanakan setelah shalat fardu.
b. Cara Mengerjakannya
      Cara kita mengerjakan shalat sunah rawatib sebagai berikut.
1) Ketentuan rakaat shalat sunah rawatib dua rakaat-dua rakaat.
2) Kita kerjakan secara munfarid atau sendirian (shalat rawatib termasuk shalat sunah yang tidak disunahkan untuk kita laksanakan secara berjamaah).
3) Shalat sunah rawatib qabliyah dikerjakan setelah azan sebelum iqamah, sedangkan shalat sunah rawatib ba‘diyah dikerjakan setelah shalat fardu.
4) Sebaiknya bergeser dari kawasan shalat fardu.
c. Hukum Melaksanakannya
 
    Shalat sunah rawatib kalau dilihat dari segi aturan melaksanakannya, sanggup kita bagi menjadi dua sebagai berikut.
Shalat Sunnah Rawatib Muakad
      Muakkad artinya dikuatkan. Shalat sunah rawatib muakkad yaitu sunah rawatib yang sangat dikuatkan atau dianjurkan untuk kita laksanakan alasannya ialah Rasulullah pun selalu melaksanakannya. Perhatikan sabda Rasulullah berikut ini.
 Artinya: Dari Abdullah bin Umar berkata, ’Saya hafal Rasulullah saw. (selalu mengerjakan) dua rakaat sebelum Zuhur, dua rakaat setelah Zuhur, dua rakaat setelah Magrib, dua rakaat
sesudah Isya, dan dua rakaat sebelum Subuh’. (H.R. Bukhari dan Muslim)
      Berdasarkan hadis tersebut sanggup kita ketahui bahwa jumlah rakaat shalat sunah rawatib muakkad mencakup sebagai berikut.
a) Dua rakaat sebelum shalat Subuh.
b) Dua rakaat sebelum shalat Zuhur.
c) Dua rakaat setelah shalat Zuhur.
d) Dua rakaat setelah shalat Magrib.
e) Dua rakaat setelah shalat Isya.
(Sumber: Sulaiman Rasyid. 1996: halaman 144)
     Jumlah shalat sunah rawatib sebanyak enam belas rakaat sebagaimana disampaikan oleh hadis Ibnu Umar. Jumlah dan perincian ini yang banyak dipegang ulama fikih. Sementara itu, hadis Ummu Habibah menjelaskan bahwa sunah rawatib (muakkad) berjumlah dua belas rakaat. Berbeda halnya dengan jumhur ulama, antara lain Mazhab Syafi‘i dan Mazhab Hambali, beropini bahwa rawatib muakkad itu berjumlah sepuluh rakaat, dengan menghitung hanya dua rakaat sebelum Zuhur. 
Shalat Rawatib Ghairu Muakad
       Gairu muakkad artinya kurang dikuatkan. Shalat sunah rawatib gairu muakkad berarti shalat sunah rawatib yang tidak selalu dikerjakan oleh Rasulullah. Rasulullah menganjurkan untuk melakukan shalat sunah ini, tetapi anjurannya tidak sekuat shalat sunah rawatib muakkad.
Shalat sunah rawatib gairu muakkad mencakup sebagai berikut.
a) Dua rakaat sebelum dan setelah shalat Zuhur, selain yang telah disebutkan dalam shalat sunah rawatib muakkad.
b) Empat rakaat sebelum shalat Asar.
c) Dua rakaat sebelum shalat Magrib.
d) Dua rakaat sebelum shalat Isya.
Advertisement
Advertisement


EmoticonEmoticon