Nih 4 Jenis Teater Menurut Bentuk Penyajiannya

Share:
Jenis Teater sangat bermacam-macam dan unik, berikut ini beberapa jenis teater Nusantara menurut bentuknya penyajiannya.
1. Teater Tutur
       Teater tutur ialah bentuk teater yang cara penyajiannya dituturkan (dilisankan atau didongengkan) oleh seseorang yang jago di bidangnya. Saat menuturkan cerita, sang Pencerita memakai gerak-gerak (laku, gesture) dan bunyi dalam menggambarkan etika tokoh yang sedang diceritakan.

2. Teater Boneka dan Wayang
       Teater boneka dan wayang muncul semenjak kemunculan teater klasik Nusantara. Teater boneka dan
wayang ialah bentuk teater yang para pemainnya berupa boneka yang terbuat dari kayu maupun kulit. Teater ini contohnya wayang golek dan wayang kulit yang dimainkan oleh seorang
dalang. Pada pertunjukan wayang kulit, wayang dimainkan di diam-diam tipis dan sinar lampu blencong membuat bayangan di layar yang dilihat penonton.
 Pertunjukan pantomim, salah satu jenis teater gerak yang berkembang sampai sekarang.

3. Teater Musikal
       Teater musikal ialah pertunjukan teater yang menggabungkan seni menyanyi, menari, dan akting. Teater musikal mengedepankan unsur musik, nyanyian, dan gerak daripada obrolan para pemainnya. Teater musikal di Indonesia contohnya pementasan langendriyan yang muncul dari kebudayaan keraton.

4. Teatronik
       Teatronik ialah bentukan kata yang berasal dari “teater” dan “elektronik”, disingkat menjadi teatronik. Bentuk teater ini diproses dan diproduksi, lalu disajikan dengan memakai media elektronik.
Advertisement
Advertisement


EmoticonEmoticon