Contoh Soal Uas Bahasa Indonesia Kelas Xi Semester 2 Beserta Respon Part-2

Share:
Melanjutkan tulisan Contoh Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas XI Semester 2 Beserta Jawaban belahan pertama (soal nomor 1-10) , belahan kedua dimulai dari soal nomor 11.

11. Dalam diskusi kelas , kau ditugasi oleh guru menjadi moderator. Diskusi tersebut membicarakan dilema “Bahaya narkotika”.
Kalimat yang sempurna untuk digunakan membuka diskusi yakni ...
a. Teman-teman yang berbahagia , pada di sekarang ini kita akan mendiskusikan “Bahaya narkotika”.
b. Teman-teman , seharusnya diskusi ini kita buka saja walaupun yang datang belum lengkap.
c. “Bahaya narkotika” ialah tema diskusi kita hari ini.
d. Marilah kita mulai mendiskusikan dilema “Bahaya narkotika” ini.
e. Sebaiknya diskusi ini kita buka sehabis semua akseptor lengkap.
Jawaban: a

12. Kalimat yang santun untuk mendukung pertimbangan seorang penyaji yakni ....
a. Pendapat kerabat penyaji patutu disokong walaupun kurang bukti yang akurat.
b. Saya mendukung pertimbangan mitra karib kita ini demi persahabatan.
c. Saya baiklah pertimbangan kerabat penyaji diterima alasannya ia cukup dikenal.
d. Saya menerima dan mendukung kerabat penyaji alasannya data yang duajukan akurat.
e. Saya sanggup menerima pandapat mendukung kerabat penyaji alasannya ia berpengalaman.
Jawaban: d

13. Kalimat yang sempurna untuk mempersilahkan penyaji membaca makalah yakni ....
a. Kepada kerabat penyaji dipersilahkan membaca makalah.
b. Saudara penyaji silahkan secepatnya membaca makalah.
c. Saudara penyaji , 30 menit waktu yang saya sediakan.
d. Saudara penyaji silahkan membacakan makalah.
e. Saudara penyaji , kami persilahkan membacakan makalah.
Jawaban: a

14. Cara pengarang memperlihatkan perwatakan setiap tokoh dalam karyanya sanggup dijalankan dengan cara berikut , kecuali ....
a. melukiskan bentuk lahir dari tokoh
b. melukiskan asumsi dan perasaan para tokoh
c. menggambarkan reaksi tokoh lain kepada tokoh utama
d. menenteng pembaca pada alur dongeng yang terperinci kan logis
e. melukiskan kondisi di sekeliling kehidupan tokoh utama
Jawaban: d

15. Harsono : (marah) Apa kau tidak sanggup lihat , kah? Matamu di mana , diletakkan dalam saku?
Pekerja : Maaf Tuan , saya tidak menyaksikan Tuan.
Harsono : (makin murka dan memegang baju pekerja itu) Apa kau buta?
Citra : (yang selama ini membisu saja) Mas Hr , lepaskan orang itu. Dia gres saja saya marahi. Sudah cukup.
Harsono : (terkejut dengan bunyi Citra) Apa?
Berdasarkan penggalan drama di atas , tabiat Harsono yakni ....
a. pemarah
b. pemaaf
c. tidak berperasaan
d. tidak peduli
e. acuh
Jawaban: a

16. Amanat yang sanggup kita petik dari pembicaraan di atas yakni selaku berikut , kecuali ....
a. pandai-pandailah bersopan santun
b. belajarlah menertibkan emosi
c. hargailah orang lain
d. pedulilah dengan sesama
e. jangan sudah biasa bersikap kasar
Jawaban: a

17. Kualitas anak-anal pemilik masa depan , sungguh diputuskan oleh perlakuan kita kepada mereka di saat ini. Maju mundurnya sebuah bangsa di masa depan sungguh dipengaruhi oleh kesiapan fisik , mental , sosial , maupun intelektual generasi yang di sekarang ini masih berada dalam fase kanak-kanak.
Dalam karya tulis , uraian di atas ialah belahan ....
a. tujuan penulisan
b. latar belakang
c. permasalahan
d. kata pengantar
e. penutup
Jawaban: b

18. 1) Pendahuluan
2) Kata pengantar
3) Daftar pustaka
4) Halaman judul
5) Penutup
6) Daftar isi
7) Bagian isi
Urutan yang sempurna dalam penulisan karya tulis yakni ....
a. 4-2-6-1-7-5-3
b. 4-2-5-1-7-6-3
c. 4-6-2-7-1-5-3
d. 4-2-6-1-5-7-3
e. 4-3-5-6-1-2-7
Jawaban: a

19. Topik karya tulis: Pengangguran intelektual disinyalir terus meningkat.
Kesimpulan yang sempurna untuk karya tulis di atas berisi tentang ....
a. Penjelasan pengangguran senantiasa bertambah dan rekomendasi solusi.
b. Penyebab kian bertambahnya pengangguran intelek dan pelukisan nasib para pengangguran.
c. Penyebab intelektual kian banyak yang menganggur dan imbauan untuk menawarkan lapangan kerja.
d. Penjelasan pengangguran intelektual kian bertambah dan imbauan membuka lapangan monyet baru.
e. Penyebab pengangguran intelektual kian banyak dan rekomendasi , serta penyelesaian penanganan pengangguran.
Jawaban: e

20. Pada tahun 1950 A.A. Navis mulau mengikuti pertumbuhan kesusastraan secara aktif , selaku pegarang cerpen dan sandiwara radio. Cerita-ceritanya dalam Mimbar Indonesia , Siasat , Kisah , Sastra , dan lain-lainnya. Ia selaku pemenang kado majalah Kisah pada tahun 1955.
Penggalan biografi A.A. Navis di atas menggambarkan ....
a. riwayat kelahiran
b. riwayat kepengarangan
c. riwayat pendidikan
d. riwayat keluarga
e. kisah usia remaja
Jawaban: b

Lanjut ke soal nomor 21-30 => Contoh Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas XI Semester 2 Beserta Jawaban Part-3
Advertisement
Advertisement


EmoticonEmoticon