Nih Mempersiapkan Dan Menggelar Pertunjukan Teater Nusantara Di Sekolah

Share:
A. Mempersiapkan Pertunjukan Teater Nusantara di Sekolah       Suatu teori tidak akan diresapi dengan baik kalau tidak diterapkan. Oleh alasannya yaitu itu, terapkanlah aneka macam teori pertunjukan teater di depan untuk mementaskan teater. Langkah-langkah berikut sanggup kita tempuh untuk mempersiapkan pertunjukan teater di sekolah. 1. Bentuklah panitia untuk program pertunjukan. Panitia pertunjukan bisa ditangani oleh tim produksi.
2. Siapkanlah properti pemain sekaligus tata rias dan tata busana serta perlengkapan khusus sesuai kebutuhan tokoh. Properti hendaknya diadaptasi dengan kebutuhan dan komposisi pentas, penataan panggung, penataan cahaya, dan suara.
3. Siapkan panggung, properti panggung, dan tata cara teknik pemanggungan menyerupai penataan artistik panggung, penataan cahaya, penataan suara, dan sebagainya.
4. Pilihlah ruangan di sekolah yang leluasa menyerupai halaman maupun aula.
    Pertunjukan di luar ruangan biasanya lebih rumit dan membutuhkan biaya yang lebih besar. Oleh alasannya yaitu itu, pentas di sekolah sebaiknya dilakukan di dalam ruangan, contohnya aula. Selain untuk pertunjukan, aula sanggup juga dipergunakan sebagai kawasan latihan.
5. Siapkan panggung dengan menggunakan background (latar belakang) untuk arena permainan yang diadaptasi dengan kebutuhan pertunjukan.
6. Persiapkan penataaan cahaya secara tepat. Cahaya yang lazim dipakai berasal dari lampu listrik dan dioperasikan menggunakan dimer. Cahaya dapat dipakai untuk memilih waktu, musim, cuaca, serta suasana tertentu. Cahaya juga membantu melukis efek sinar dan bayangan sehingga menambah nilai dan warna pertunjukan. Mintalah seorang ahli untuk mengurusi penataan cahaya kalau tidak ada siswa maupun guru yang bisa mengoperasikan peralatannya.
 7. Aturlah bunyi dan musik secara sempurna sesuai ruangan. Efek bunyi dan musik pengiring akan membuat suasana tertentu dalam sebuah pertunjukan. Beberapa efek bunyi dan pembuatannya, misalnya: bunyi halilintar bisa diperoleh dengan menjatuhkan seng dan memukulnya di bersahabat mikrofon, bunyi air maritim diperoleh dengan meletakkan air dalam baskom dan diletakkan bersahabat mikrofon, kemudian digoyangkan dan disertai tiupan ke arah mikrofon. Sedangkan bunyi tembakan diperoleh dengan cara memecahkan balon karet atau benda keras lainnya yang dipukul di bersahabat mikrofon. Kamu pun sanggup membuat efek bunyi yang lain untuk pertunjukan yang kau lakukan bersama teman-teman.
8. Setelah persiapan panggung dan artistik selesai, lakukanlah gladi bersih yang dilakukan menjelang pertunjukan. Gladi higienis sebaiknya dilakukan secara utuh dan tidak terputus. Jika ada pemain yang melakukan kesalahan, teruskanlah gladi higienis tersebut sampai selesai. Setelah itu, lakukan penilaian membahas gladi bersih. Pada dikala gladi higienis sebaiknya pemain telah menggunakan kostum dan tata rias lengkap sesuai pertunjukan. Hal ini supaya pemain terbiasa dengan panggung dan pertunjukan secara keseluruhan.
Persiapan pertunjuan teater yang baik akan memilih jalannya pertunjukan teater yang akan digelar.

B. Menggelar Pertunjukan Teater Nusantara di Sekolah       Kegiatan terakhir yang kita lakukan sesudah mempelajari teori pertunjukan teater yaitu mementaskan karya teater yang telah kau latih bersama teman-teman sekelas. 
 Berikut ini beberapa hal yang perlu kita lakukan dikala menggelar pertunjukan teater.1. Sambutlah penonton yang tiba menonton pertunjukan dengan sebaik-baiknya. Persilakan mereka menunggu di dalam atau luar ruangan sesuai janji bersama. Selanjutnya dengan santun dan sopan,
persilakan mereka memasuki ruangan.
2. Bacakan peraturan-peraturan yang harus dipatuhi penonton, contohnya penonton dilarang mengaktifkan ponsel, penonton dihentikan membuat keributan selama pentas berlangsung, dan sebagainya.
3. Laksanakan pentas sesuai waktu yang telah ditetapkan. Kerjakan kiprah yang menjadi tanggung jawabmu dengan sebaik-baiknya.
4. Setelah pertunjukan berikan ucapan terima kasih dan penghormatan kepada penonton
karena bersedia menonton pertunjukanmu bersama teman-teman.
5. Adakan diskusi dengan penonton dan mintalah mereka memperlihatkan masukan atas pertunjukan yang telah kau lakukan bersama teman-teman.
Itulah tadi bahasan wacana persiapan dan menggelar pertunjukan teater disekolah, supaya bermanfaat.
Advertisement
Advertisement


EmoticonEmoticon